nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garin Nugroho Tak Berharap Kucumbu Tubuh Indahku Masuk Oscar

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 206 2115813 garin-nugroho-tak-berharap-kucumbu-tubuh-indahku-masuk-oscar-m9w8e4NzbJ.jpg Garin Nugroho. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Garin Nugroho dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik di Indonesia. Karya-karyanya sering kali masuk dalam festival-festival dunia, termasuk Berlin Film Festival dan Cannes Film Festival.

 Garin Nugroho tak berharap Kucumbu Tubuh Indahku menembus Oscar. (Foto: Fourcolours Film)

Tahun ini, film Garin Nugroho yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body akan berkompetisi di ajang Academy Awards (Oscar). Meski demikian, Garin ternyata tidak pernah berharap filmnya masuk ajang prestisius tersebut.

“Karena setiap film itu punya karakter sendiri. Secara pribadi, saya menilai film itu sebenarnya tidak terlalu cocok untuk Oscar,” ujar Garin Nugroho.

Baca juga: Garin Nuroho Desak Pemerintah Bantu Filmnya Berkiprah di Oscar 

Garin Nugroho menilai, film-film  karyanya lebih bersifat komunikatif. Sementara film-film yang sukses menembus dan memenangkan Oscar lebih menggabungkan unsur komunikatif dengan seni yang kuat.

Garin Nugroho tak berharap Kucumbu Tubuh Indahku menembus Oscar. (Foto: Fourcolours Film)

Karena itu, dia menilai, karya-karya lebih layak bertarung di festival film Eropa. “Sebenarnya, bukan tujuan saya (masuk Oscar). Orang harus tahu tempat. Kalau Anda jadi tanaman tempatnya di savana, tiba-tiba harus ke pegunungan kan beda,” jelasnya.

Akan tetapi Garin Nugroho tetap bersyukur filmnya mewakili Indonesia di ajang tertinggi perfilman dunia tersebut. Tema yang diusung oleh Garin dalam Kucumbu Tubuh Indahku dianggap cocok untuk bertarung di Oscar.

 Garin Nugroho tak berharap Kucumbu Tubuh Indahku menembus Oscar. (Foto: Fourcolours Film)

"Mungkin, Kucumbu Tubuh Indahku masuk karena dilihat dari berbagai aspek, seperti cultural diversity(ragam budaya), unsur maskulinitas, dan femininitas. Sekarang kan isu-isu seperti itu sedang hangat,” tuturnya.*

Baca juga: Goo Hye Sun Beberkan Bukti Perselingkuhan Ahn Jae Hyun ke Instagram

1
3
BERITA FOTO
+ 7

35 Tahun Berkarya, Garin Nugroho Persembahkan Film Setan Jawa

Sutradara Garin Nugroho usai konferensi pers di Jakarta, Senin (22/8/2016). Merayakan 35 tahun berkarya di industri film, Garin Nugroho bersama Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan sebuah film bisu hitam putih yang pertama berjudul ?Setan jawa? yang mengangkat mitologi jawa dengan iringan orkestra musik gamelan. dan akan diputar perdana tanggal 3-4 September 2016 di Gedung Teater Jakarta.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini