nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Transfusi Darah, Amitabh Bachchan Idap Hepatitis B

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 17:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 27 33 2023589 gara-gara-transfusi-darah-amitabh-bachchan-idap-hepatitis-b-mRW7pqORZr.jpg Amitabh Bachchan. (Foto: Twitter/@SrBachchan)

MUMBAI – Aktor senior Bollywood, Amitabh Bachchan, memberikan pengakuan mengejutkan kepada publik India. Dia mengungkapkan, mengidap Hepatitis B selama 18 tahun terakhir.

Dalam keterangannya, Bachchan mengatakan, penyakit itu bermula ketika dia mengalami kecelakaan di lokasi syuting film Coolie, pada Agustus 1982. Kecelakaan fatal itu membuat dia mengalami cedera usus dan harus menjalani splenektomi darurat.

Baca juga: Pulih dari Sakit, Moon Geun Young Siap Comeback ke Layar Kaca

“Kala itu, aku menerima transfusi dari 60 unit kantong darah yang berasal dari 200 pendonor. Ternyata, beberapa kantong darah itu terinfeksi Australian antigen Hepatitis. Itulah menyebabkan aku mendapatkan penyakit ini,” kata Amitabh Bachchan seperti dikutip dari The Indian Express, pada Rabu (27/2/2019).

Mertua aktris Aishwarya Rai ini mengaku, sejak kecelakaan itu dia menjalani hidup normal. Hingga 18 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000, dia melakukan pemeriksaan medis dan dikabarkan mengidap Hepatitis B.

Akibat penyakit itu, Amitabh Bachchan kehilangan 75 persen fungsi hatinya akibat sirosis alias kerusakan hati jangka panjang. “Jadi, orang yang kalian lihat saat ini hanya bertahan hidup dengan 25 persen fungsi hatinya. Itu berita buruknya,” ujarnya. 

“Namun berita baiknya, aku mempunyai peluang untuk bertahan hidup sebesar 12 persen. Dan aku menjalani hidup yang sangat normal dengan penyakit ini,” kata Amitabh Bachchan menambahkan.

Dalam salah satu artikel yang dirilis Amitabh Bachchan lewat blog pribadinya pada 2010, aktor Mohabbatein itu mengungkapkan, sirosis biasanya terjadi pada pasien yang mengonsumsi alkohol jangka panjang. “Jadi, inilah aku. Seseorang yang tidak mengonsumsi alkohol, tapi mendapatkan penyakit dari transfusi darah yang kuterima!!”

Kini, aktor 76 tahun itu menggunakan penyakit yang diidapnya untuk menguatkan pasien lainnya, terutama para kaum hawa. Amitabh Bachchan kemudian ditunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi duta Hepatitis di Asia Tenggara.

Baca juga: Saingi Drake, BTS Jadi Artis Rekaman Terbaik Dunia Versi IFPI

Dalam keterangannya, Amitabh Bachchan berharap, perempuan dengan riwayat Hepatitis B tidak diperlakukan secara diskriminasi. Dia mengungkapkan, tak jarang mendengar perempuan yang harus diceraikan dan diusir sang suami hanya karena mengidap Hepatitis B.

“Jangan karena mereka mengidap Hepatitis B kalian menolaknya. Aku akan melawan perlakuan diskriminasi seperti itu selama aku hidup. Aku bisa menjadi contoh bahwa pasien Hepatitis B ternyata bisa menjalani hidup yang normal,” ujarnya.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 6

Deretan Artis Bollywood Hadiri IIFA Awards 2017

Aktor Abhay Deol berpose di Green Carpet di ajang International Indian Film Academy (IIFA) Awards di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey, AS, Sabtu (15/7/2017). The International Indian Film Academy (IIFA) Awards adalah sebuah penghargaan bagi insan perfilman Bollywood. REUTERS / Joe Penney

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini