nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggapi Kritikan, Seluruh Penghargaan Oscar Akan Diumumkan Secara Langsung

Syifa Rizki Fauziah, Jurnalis · Minggu 17 Februari 2019 02:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 16 206 2018961 tanggapi-kritikan-seluruh-penghargaan-oscar-akan-diumumkan-secara-langsung-tfj9aSKYoD.jpg Piala Oscar (Foto: Ist)

LOS ANGELES – Setelah mendapatkan banyak kritikan dari para pembuat film dan aktor, pihak Academy Awards akhirnya mengubah susunan acara perhelatan Oscar 2019. Mengutip Screenrant pada Sabtu (16/02/19), pihak penyelenggara Oscar akan mengumumkan semua kategori selama siaran langsung.

“Akademi telah mendengar tanggapan dari para anggotanya mengenai presentasi empat penghargaan Oscar - Sinematografi, Penyuntingan Film, Live Action Short, dan Rias Wajah dan Tata Kecantikan Rambut. Semua Academy Awards akan disajikan tanpa suntingan, dalam format tradisional kami. Kami menantikan Oscar Minggu, 24 Februari,” ungkap Dewan Gubernur di Academy od Motion Picture Arts and Science dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:

Pengalaman Menakutkan Ratna Listy saat Berhadapan dengan Makhluk Halus

Pamer Pose Nungging, Awkarin Dipuji Setinggi Langit


Keputusan itu hadir beberapa hari setelah pihak Academy mengumumkan bahwa empat penghargaan Oscar akan dibagikan ketika jeda iklan berlangsung. Meski begitu, mereka tetap akan menayangkan pembacaan pidato kemenangan oleh para peraih penghargaan itu dalam siaran langsung.

Sejumlah pembuat film seperti, Guillermo Del Toro, Joss Whedon, Edgar Wright, Colin Hanks, Reed Morano, dan Zooey Deschanel -termasuk nominasi sinemaografi Alfonso Cuaron- melayangkan kritikan akan keputusan itu untuk tidak melakukan perayaan prestasi utama dalam film.

Kritikan itu disampaikan beberapa pembuat film melalui akun Twitternya. Seperti Alfonso Cuaron yang menulis, “Dalam sejarah CINEMA, karya agung telah ada tanpa suara, tanpa warna, tanpa cerita, tanpa aktor dan tanpa musik. Tidak ada satu film pun yang pernah ada tanpa CINEMAtography dan tanpa pengeditan”.

Aktris cantik Zooey Deschanel pun turut menulis, “Tidak percaya @TheAcademy tidak menayangkan kategori untuk pekerjaan paling penting dalam film. Cobalah membuat film tanpa sinematografer atau editor! Tidak bisa dilakukan! Coba buat karakter tanpa make up dan rambut! Itu tidak bisa dilakukan! Film adalah seni kolaboratif, perlakukan seperti itu.”

American Society of Cinematographers merilis sebuah surat terbuka untuk pihak penyelenggara Oscar 2019 dengan pernyataan, “Menurunkan kerajinan sinematik penting ini ke status yang lebih rendah dalam upacara Academy Awards ke-91 ini tidak lain adalah penghinaan bagi kita yang telah mengabdikan hidup dan hasrat kita pada profesi yang telah kita pilih.”

Academy Awards atau biasa dikenal dengan penghargaan Oscar ini akan diselenggarakan pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

Leslie Mann Tampil Mesra dengan Judd Apatow di Oscar 2018

Pasangan selebriti Judd Apatow (kiri) dan Leslie Mann pada karpet merah Oscar 2018 di Hollywood, California, Amerika Serikat, Minggu 4 Maret 2018 waktu setempat. (REUTERS/Carlo Allegri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini