Oscars 2019 Terancam Diboikot Sineas, Petinggi Academy Awards Akhirnya Angkat Bicara

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 15 206 2018182 petinggi-academy-awards-klarifikasi-soal-rencana-kontroversial-oscars-2019-mm5wT7Qc6L.jpg John Bailey (Foto: Reuters)

LOS ANGELES - Beberapa pekan jelang penyelenggaraannya, Academy Awards mendapat serangan boikot dari para sineas dunia. Hal itu terjadi lantaran Oscar kabarnya tidak akan menayangkan penyerahan piala untuk beberapa kategori seperti sinematografi, film editing, makeup dan hairstyling, dan live action short.

Baca juga: Agensi MOMOLAND Konfirmasi, YG Ent Bantah Yunhyeong iKON dan Daisy Pacaran

Para petinggi Oscar pun langsung bertindak mengklarifikasi hal ini. Academy's Board of Governors akhirnya mengirim surat yang menegaskan bahwa rumor tersebut tidak benar adanya. Oscar akan tetap menayangkan penyerahan piala kepada empat kategori yang memang penting dalam sebuah pembuatan film.

Oscars

"Selaku petugas Academy, kami ingin meyakinkan kepada Anda bahwa tidak ada kategori penghargaan di penyelenggaraan Oscar ke-91 yang disepelekan dan dikesampingkan," bunyi surat tersebut seperti dikutip Variety, Jumat (15/2/2019)

Petinggi Oscar sangat menyayangkan adanya kesalahpahaman yang terjadi di dunia maya. Rumor tersebut bahkan menyebabkan adanya peredaran tagar #boycottOscar di Twitter dan Instagram.

Oscars

Rencana kontroversial Oscar memberikan empat penghargaan tersebut saat jeda iklan memang dianggap melecehkan para pelaku industri di kategori tersebut. Mereka yakin bahwa unsur sinematografi, makeup, dan editing adalah hal penting yang juga harus dirayakan bersama.

Baca juga: Lawan Richard di Babak Battle Round The Voice Indonesia, Naila Tereliminasi

Sebelumnya, Oscar memang didesak oleh beberapa pihak untuk tidak menayangkan tayangan dengan durasi terlalu panjang. ABC selaku pemegang hak siar, lantas harus memutar otak demi mengurangi tayangan tanpa harus mengesampingkan penyerahan piala pada 24 kategori yang ada.

Oscar ke-91 sendiri akan digelar pada tanggal 24 Februari di Dolby Theatre, Amerika Serikat. (ady)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini