Lebih dari Film Aksi, Ini Alasan Black Panther Cetak Sejarah Oscar

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 206 2008147 lebih-dari-film-aksi-ini-alasan-black-panther-cetak-sejarah-oscar-j1b45GjphD.jpg Black Panther (Foto: The Wrap)

LOS ANGELES – Film Black Panther telah merajai box office tahun lalu, kini film yang dibesut oleh Marvel Studios itu masuk nominasi film terbaik Oscar. Black Panther menjadi film superhero pertama yang masuk nominasi dengan kategori Best Picture.

Sebelum masuk ke dalam nominasi Oscar, ternyata Black Panther telah lebih dulu memboyong penghargaan The Academy Awards.

Tidak heran lagi Black Panther meraih berbagai penghargaan, karena film tersebut merupakan pelopor film layar lebar yang didominasi orang berkulit hitam, menghadirkan dongeng Afrofuturist, yang sekaligus meruntuhkan hambatan sosial.

 

Tak hanya masuk dalam nominasi Best Picture di Oscar, sebab Black Panther pun telah mengumpulkan kategori lainnya hingga berjumlah tujuh buah, di antaranya desain kostum, original score, Kendrick Lamar dan lagu SZA “All The Stars,” desain produksi, dan dua kategori suara, editing, dan mixing, dikutip Okezone dari laman Entertainment Weekly, Rabu (23/1/2019).

Baca Juga: Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019, Black Panther Catat Sejarah

Meski meraih cukup banyak nominasi kategori, sayangnya sang pembuat film dan penulis, yaitu Ryan Coogler tidak masuk nominasi. Begitu pun dengan pemeran utamanya, yaitu Chadwick Boseman yang memerankan T’Challa, tidak masuk dalam nominasi Oscar.

Kendati demikian, saat membahas film Black Panther Coogler pernah mengatakan, dia selalu melihat Black Panther sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar film petualangan aksi.

“Karakter-karakter di Wakanda, seperti generasi Y, generasi milenium, yang lebih tua mewarisi negara kita,” katanya.

Selain menjadi film superhero pertama yang mendapatkan nominasi Best Picture, yang sebelumnya tidak didapatkan oleh Superman pada 1978 dan The Dark Knight dari Christopher Nolan pada 2008, Black Panther juga telah menjadi buku komik perama yang difilmkan dan masuk dalam nominasi.

Nominasi kategori Best Picture ditujukan pada produser film, yang dalam hal ini adalah presiden Marvel Studios, yaitu Kevin Feige, yang sebelumnya mengatakan, ia bangga dengan Black Panther yang memiliki arti penting baik di layar, maupun di luar layar.

(edh)

BERITA FOTO
+ 8

Begini Suasana Konser BLACKPINK di ICE BSD Tangerang

Dalam konser tersebut, para personel BLACKPINK menyapa penggemar yang hadir dengan bahasa Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini