nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Perjuangan Robby Tumewu untuk Sembuh dari Stroke sebelum Meninggal

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 09:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 15 33 2004564 cerita-perjuangan-robby-tumewu-untuk-sembuh-dari-stroke-sebelum-meninggal-41DcKr2NCU.jpg Debby Sahertian (Foto: Rena/Okezone)

TANGERANG - Robby Tumewu memang telah pergi meninggalkan keluarga dan sahabat akibat infeksi paru-paru. Robby meninggal dunia pada Senin (14/1/2019) dini hari.

Baca Juga: Hidup Sebatang Kara Jadi Alasan Robby Tumewu Dikremasi

Meski pada akhirnya menyerah pada penyakit yang menggerogoti tubuhnya, namun banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan Robby Tumewu untuk melawan penyakitnya, mulai dari stroke hingga infeksi paru-paru. Setidaknya begitulah menurut Debby Sahertian dan Okky Asokawati sebagai sahabat almarhum.

Robby Tumewu diketahui telah menderita stroke sejak tahun 2010. Penyakit tersebut sempat membuat pembuluh darah di bagian otak pecah dan mengharuskannya untuk menjalani operasi.

Robby Tumewu

Upaya penyembuhan terus dilakukan Robby, salah satunya melalui terapi. "Kalau stroke, badan jadi kaku. Nah Robby ini enggak mau nyerah, jadi pas tahu dia seperti lumpuh sebelah langsung terapi. Supaya sistem motorik di tubuhnya bisa dilatih," kata Debby saat di temui di Rumah Duka Oasis, Tangerang, Senin (14/1/2019).

Okky Asokawati menambahkan selain rutin menjalani terapi, Robby juga menerapkan pola hidup sehat. Pernah suatu waktu, model era 80an itu sempat iri dengan menu makan Robby.

"Dia itu hebat, enggak tergoda sama makanan yang enak-enak tapi membahayakan. Pernah ketemu di acara fashion, dia kasih lihat isi bekalnya. Enggak ada nasi, tapi diganti dengan umbian rebus, jagung," kata Okky.

Tidak berhenti sampai di situ, Robby juga menjalani beragam perawatan hingga operasi yang dilakukan akibat pendarahan di otak. "Dia itu udah dua kali kena stroke, biasanya kan kalau udah begitu sekali kebanyakan enggak tertolong. Tapi Robby bisa bertahan sampai 8 tahun," jelas Debby.

Perjuangan Robby Tumewu untuk melawan penyakitnya itu terhenti, manakala ia menghembuskan napas terakhirnya, di rumah kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Kesedihan pasti dirasakan para sahabat, namun mereka meyakini bahwa itu mungkin jalan terbaik bagi Robby.

Baca Juga: Unggah Foto di Medsos, Perut Sherina Munaf Bikin Netizen Salah Fokus

"Sedih tapi lega juga. Karena Robby udah enggak merasakan sakit. Kita ikhlas, dan mohon doanya kepada teman-teman untuk memaafkan kesalahan Robby," pungkas Debby.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini