nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abu Robby Tumewu Akan Dilarung, Kerabat: Permintaan Almarhum

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 13:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 17 33 2005726 abu-robby-tumewu-akan-dilarung-kerabat-permintaan-almarhum-YJ9oJNWSJA.jpg Foto: Rena Pangeti/Okezone

TANGERANG - Setelah hampir dua jam jenazah Robby Tumewu dikremasi, akhirnya abu aktor 65 tahun itu siap untuk dilarung di Tanjung Pasir, Tangerang pada Kamis (17/1/2019).

Pantauan Okezone di Rumah Duka, pihak keluarga terlihat ikhlas melepas kepergian salah satu anggota mereka. Hal itu tergambarkan dari raut wajah tiga kakak Robby yaitu Renee, Ans, dan Guus.

Secara bergantian mereka pun melihat proses kremasi Robby Tumewu. Mulai dari masuk ke ruang oven, hingga akhirnya dimasukkan ke dalam tembikar. Sebelum akhirnya dilepaskan ke laut yang ada di Tanjung Pasir.

Baca juga: Keluarga Robby Tumewu Akhirnya Berkumpul saat Proses Kremasi Almarhum

Salah satu kerabat yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan jika keputusan kremasi bahkan hingga dilarung menjadi hal berat bagi keluarga. Tapi ada hal lain yang menjadi bahan pertimbangan mendiang Robby Tumewu dan keluarga.

"Beliau itu kita kenal enggak mau nyusahin, mandiri. Jadi mungkin ini ya dikremasi dan dilarung atas keinginan beliau," kata kerabat Robby.

"Semua pilih jalan yang terbaik saja untuk Robby," imbuhnya.

Baca juga: Detik-Detik Robby Tumewu Dikremasi, Debby Sahertian: Selamat Jalan Bi

Saat melihat abu milik Robby Tumewu untuk yang terakhir kali, banyak dari mereka yang menaburkan bunga ke dalam tembikar. Hal itu dimaksudkan sebagai bukti cinta keluarga dan sahabat untuk mengikhlaskan kepergian Robby Tumewu.

Setelah mendapatkan penjelasan dari petugas Rumah Duka mengenai tata cara melalukan larungan mendiang Robby, mereka pun siap mengantar almarhum Robby Tumewu.

Debby Sahertian yang turut hadir dalam proses kremasi pun mengaku ikhlas atas kepergian sahabatnya. Mengingat jika selama lebih dari delapan tahun ini Robby Tumewu sudah berjuang melawan sakitnya.

"Sudah ikhlas, lega juga karena sudah tidak sakit lagi, tidak menderita lagi. Pasti akan mendapat tempat terindah di sisi Tuhan," kata Debby.

(sus)

BERITA FOTO
+ 8

Dunia Hiburan Berduka, Aktor & Desainer Robby Tumewu Meninggal Dunia

Kabar kepergian Robby Tumewu disampaikan pihak keluarga melalui pesan singkat. (Foto: Facebook Robby Tumewu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini