nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Dikremasi, Abu Robby Tumewu Akan Langsung Dilarung

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 11:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 15 33 2004603 setelah-dikremasi-abu-robby-tumewu-akan-langsung-dilarung-BKCoJ4PNqp.jpg Robby Tumewu (Foto: Instagram/@becktum)

TANGERANG – Pihak keluarga memutuskan untuk mengkremasi jasad Robby Tumewu. Pasalnya di tanah air, Robby sendiri tidak memiliki keluarga karena seluruh kakaknya berada di luar negeri.

Baca Juga: 3 Tahun Terakhir, Robby Tumewu Sulit Berkomunikasi

“Robby sebatang kara di sini, yang lain sibuk ngurus kerjaan mereka. Jadi saya yang ngurus kremasi dan larung abunya,” kata Renee saat ditemui di Rumah Duka Oasis, Tangerang, Senin (14/1/2019).

Keputusan untuk melakukan kremasi dan melarungkan abu Robby disebutkan oleh Renee Tumewu, kakak Robby. Menurut Renee, itu adalah terbaik yang bisa dilakukan keluarga pada Robby untuk terakhir kali. Mengingat bagi empat saudara Robby sulit untuk pulang ke Indonesia, apalagi hanya untuk melihat makam adik bungsu mereka.

“Kalau dikubur, siapa yang mau tengokin? Mending dikremasi toh, beres,” tegasnya.

Robby Tumewu

Robby Tumewu sendiri akan dikremasi pada 17 Januari mendatang. Hal ini karena keluarga masih menunggu satu kakak Robby yang datang dari Belanda.

“Hari Kamis dikremasi, tunggu adik saya dari Belanda,” kata Renee.

Robby Tumewu sendiri diketahui adalah bungsu lima bersaudara. Empat kakaknya sudah sejak lama tinggal di luar negeri. Sementara pria 65 tahun itu tinggal di Indonesia untuk menata kariernya.

Selama sakit sejak delapan tahun lalu, Robby Tumewu hanya dibantu oleh asistennya, Sri dan salah satu tetangga Robby, Syarif. Mulai dari urusan medis hingga kebutuhan sehari–hari, Sri lah yang menjadi sosok pendamping pria kelahiran Bandung ini.

Renee pun berterima kasih kepada dua kerabat yang sudah dianggap seperti keluarga tersebut karena mau menemani Robby berjuang melawan penyakitnya.

“Sri dan Syarif itu orang hebat. Saya mewakili keluarga berterima kasih kepada mereka. Robby diurus sama Sri, dibersihkan badannya sampai pada meninggal bersih. Kemudian Syarif yang bantu cari oksigen kalau Robby lagi sesak,” jelas Renee.

Baca Juga: Hidup Sebatang Kara Jadi Alasan Robby Tumewu Dikremasi

Kini, keluarga pun ikhlas untuk melepas Robby seiring dengan keputusan mereka yang tidak ingin mengubur jasad pria yang hits dengan Lenong Rumpi.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini