nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Biaya Pengobatan, Robby Tumewu Jual Rumah

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 17 33 2005789 demi-biaya-pengobatan-robby-tumewu-jual-rumah-ijIYOLZC5d.jpg Robby Tumewu (Foto: Koran Sindo)

TANGERANG - Robby Tumewu dikenal sebagai sosok yang mandiri dan tidak mau menyusahkan orang lain. Bahkan ketika dirinya mengalami sakit, Robby Tumewu pun seakan tidak ingin menyusahkan orang lain.

Bukan rahasia lagi jika untuk membiayai pengobatan penyakit stroke membutuhkan uang yang tidak sedikit. Apalagi Robby telah merasakan sakit ini selama lebih dari 8 tahun. Tidak bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan olehnya.

Harry De Fretes, sahabat Robby Tumewu, menceritakan soal perjuangan sang desainer. Harry mengatakan, demi mencapai kesembuhan Robby pun menjual asetnya.

Keluarga Robby Tumewu

"Dia punya rumah di Cilandak yang besar banget, itu dijual untuk pengobatan," kata Harry kepada Okezone, Kamis (17/1/2019).

Bukan hanya sekadar biaya, Robby juga melewati masa-masa sulit saat menjalani perawatan. Harry menjelaskan bahwa demi fokus untuk kesehatan, Robby sempat diungsikan.

Baca Juga: Aktor Robby Tumewu Meninggal Dunia

"Pas kena stroke yang kedua, enggak berapa lama Robby itu dibawa ke Bogor. Teman-temannya lost contact sama keluarga. Pertimbangannya mungkin biar istirahat," kata Harry.

Kesedihan pasti dirasakan sahabat, mengingat proses kesembuhan yang kedua hanya dilakukan keluarga yakni kakak Robby.

"Teman-teman lenong, beberapa model, dan desainer yang dekat sama Robby akhirnya usaha nih biar keep contact. Terus berapa tahun terakhir ini, kita bisa komunikasi lagi," imbuh Harry.

Beruntung saat Robby merayakan ulang tahun ke-65 pada 4 Desember 2018, para sahabat yang tergabung dalam Lenong Rumpi itu mengunjungi Robby. Untuk yang terakhir kalinya, mereka melihat sosok Robby yang tidak mudah menyerah.

“Berjuang 8 tahun itu enggak mudah, kita lihat itu semua dalam diri Robby. Sampai kita tatap muka, kita bilang semangat Robby. Matanya kosong, tapi kita tahu dia ngerasa ‘ada loh yang sayang sama dia,” papar Harry.

Kini, sang aktor dan desainer yang kondang di era 80an itu pun telah pergi, membawa segala kenangan dan kebaikan. Hal itulah yang akan selalu diingat keluarga, sahabat, maupun masyarakat Indonesia yang merasa terhibur dengan kehadiran dirinya di panggung hiburan. (edh)

(kem)

BERITA FOTO
+ 8

Dunia Hiburan Berduka, Aktor & Desainer Robby Tumewu Meninggal Dunia

Kabar kepergian Robby Tumewu disampaikan pihak keluarga melalui pesan singkat. (Foto: Facebook Robby Tumewu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini