nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hidup Sebatang Kara Jadi Alasan Robby Tumewu Dikremasi

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 19:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 33 2004381 hidup-sebatang-kara-jadi-alasan-robby-tumewu-dikremasi-rQoaAxi5Fy.jpg Foto: Istimewa

TANGERANG - Keluarga Robby Tumewu memutuskan untuk melakukan kremasi terhadap jenazah almarhum. Renee Tumewu, kakak tertua Robby mengungkapkan alasan mereka memilih mengkremasi adiknya karena Robby tak ada keluarga di Indonesia.

"Dia hidup sebatang kara di sini, lantas siapa yang mau ngurusin makamnya? Sementara semua kakaknya ada di luar negeri," kata Renee ditemui di Rumah Duka, Oasis, Tangerang, Senin (14/1/2019).

Untuk itu pihak keluarga akhirnya sepakat untuk melakukan kremasi mendiang Robby pada 17 Januari mendatang. Rencananya, abunya akan ditebar di Tanjung Pasir.

Baca juga: Menengok Perjalanan Karier Robby Tumewu

Dunia Hiburan Berduka, Aktor & Desainer Robby Tumewu Meninggal Dunia

"Lusa dikremasi dan langsung dilarung di laut hari itu juga. Semuanya tinggal tunggu adik saya datang dari Belanda," jelas Renee.

Bagi Renee, adiknya adalah sosok yang tak pernah mengeluh meski dia tahu sakit yang diderita Robby bukan termasuk penyakit ringan. Namun saat Robby masih bisa berkomunikasi, pria 65 tahun itu tidak sedikitpun menunjukkan wajah sedihnya.

"Ceria kok, enggak ngeluh. Makan dijaga, karena masih punya semangat untuk hidup. Tapi kan Tuhan punya kehendak lain," kata Renee.

Mewakili keluarga, Renee pun meminta maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan oleh adiknya. Ia juga memohon keikhlasan kepada sahabat untuk kepergian Robby Tumewu.

"Mohon keikhlasannya untuk melepaskan adik saya, Robby Tumewu," pungkas Renee.

Dunia Hiburan Berduka, Aktor & Desainer Robby Tumewu Meninggal Dunia

Baca juga: Intip Rumah Mewah 5 Lantai Milik Momo 'Geisha' yang Menghadap Danau

Robby Tumewu sendiri diketahui adalah bungsu empat bersaudara. Tiga kakaknya kini tinggal di luar negeri. Pria yang dikenal sebagai desainer itu juga belum mempunyai keluarga. Selama ia hidup, Robby hanya ditemani oleh asistennya yang bernama Sri. Barulah pada setahun terakhir, Renee sebagai kakak tertua Robby Tumewu datang dari Jerman untuk merawat adiknya.

(sus)

BERITA FOTO
+ 8

Dunia Hiburan Berduka, Aktor & Desainer Robby Tumewu Meninggal Dunia

Kabar kepergian Robby Tumewu disampaikan pihak keluarga melalui pesan singkat. (Foto: Facebook Robby Tumewu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini