nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Film Horor Suzanna yang Melegenda

Maulida Putri Hasanah, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 12:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 15 206 1964177 5-film-horor-suzanna-yang-melegenda-l2fYZqeLiD.jpg Luna Maya berperan sebagai Suzanna (Foto: Instagram)

JAKARTA – Suzanna Martha Frederika van Osch atau yang dikenal dengan nama Suzanna sudah 10 tahun meninggal dunia dan meninggalkan banyak kenangan lewat film-film yang pernah dibintanginya. Suzanna yang dikenal sebagai ratu film horor Indonesia itu sudah berkecimpung di dunia seni peran sejak tahun 1950-an.

Aktris berbakat itu memang sudah ahli dalam berperan sebagai hantu perempuan yang begitu menyeramkan dan ditakuti. Suzanna dikenal saat memerankan hantu Sundel Bolong dalam film Sundel Bolong di tahun 1981. Setelah melebarkan sayapnya di dunia film layar lebar sejak tahun 1991, ia kembali membintangi film berjudul Hantu Ambulance di tahun 2008. Kemudian Suzanna tutup usia di tahun yang sama.

Meski telah meninggal, nama Suzanna akan terus diinggat berdampingan dengan karya-karyanya. Dirinya sudah menjadi salah satu aktris populer Indonesia dan salah satu wanita paling berpengaruh dalam perfilman Indonesia terutama dalam genre film horor. Berikut film-film yang sukses di bintangi Suzanna.

1. Sundel Bolong

Film yang diangkat berdasarkan mitos atau legenda rakyat ini dianggap sebagai film yang telah memopulerkan mitos itu. Dengan semboyan “Cantik...menggairahkan...tak kenal ampun! Film ini mampu dikenang publik lewat peran apik Suzanna. Dikisahkan Alisa (Suzanna) adalah mantan pekerja seks yang dinikahi oleh Hendarto (Barry Prima) memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Hingga suatu hari, seorang lelaki bernama Rudi sangat tertarik padanya dan ingin memilikinya. Berbagai cara ditempuh Rudi, sampai ia menyuruh anak buahnya untuk menculik dan memperkosa Alisa. Tak disangka, Alisa hamil dan merasa dirinya hancur hingga memutuskan untuk bunuh diri. Arwahnya menjadi hantu sundel bolong yang ingin membalas dendam. Dalam film itu terdapat adegan yang selalu diingat yaitu saat Suzanna menghampiri tukang sate dan soto. Kemudian sundel bolong itu memesan sate 100 tusuk dan meminum soto langsung dari pancinya.

(Baca juga: 3 Kesulitan Terbesar Luna Maya Demi Lakoni Sosok Suzzanna)

2. Malam Jumat Kliwon

Malam jumat kliwon adalah film horor indonesia yang di rilis pada tahun 1986 yang di sutradarai oleh Sisworo Gautama Putra, dan di bintangi antara lain oleh Suzanna dan Allan Nuari. Film di mulai dengan seorang wanita di suatu rumah yang sedang hamil tua, Ia di santet, lalu tiba-tiba perutnya bergejolak dan bayi-nya berpindah ke belakang perut, di bulatan tempat banyi-nya menggembung hebat dan meletus, mengeluarkan darah dan seorang bayi dari sana.

(Foto: Luna Maya berperan sebagai Suzanna)

3. Malam Satu Suro

Film Suzanna yang paling terkenal adalam malam satu suro. Saat itu Suketi (Suzanna) adalah sundel bolong yang telah menjadi manusia dan menikah dengan Bardo (Fendy Pradana). Kehidupannya sangat bahagia terlebih Suketi memiliki dua orang anak dari pernikahan tersebut. Sayangnya, saingan bisnis Bardo yang bernama Joni ingin menghancurkan keluarga Bardo. Paku di kepala Suketi dicabut sehingga ia berubah menjadi sundel bolong lagi. Puncaknya, anak buah Joni menculik Preti, anak bungsu Suketi, dan tidak sengaja membunuh Preti. Di sini, hantu sundel bolong Suketi mulai membalas dendam dengan membunuh satu per satu orang yang menghancurkan keluarganya.

4. Beranak Dalam Kubur

Beranak Dalam Kubur sendiri merupakan karya film adaptasi dari sebuah komik yang lebih dulu tenar yakni Tangisan di Malam Kabut karya Ganes TH. Di film itu Suzanna berperan sebagai Lila, gadis cantik yang berhati lembut. Saat kecil ia selalu bertengkar dengan kakaknya Dhora (Mieke Wijaya), perempuan jahat dan picik. Hingga suatu saat Lila tengah hamil tua mendapat kabar ibu tirinya meninggal memutuskan untuk pulang kampung. Sayangnya, sang kakak sudah menyiapkan niat jahatnya. Setelah membunuh ibu kandungnya dan melumpuhkan sang ayah, Dhora juga akan menghabisi Lila.

Dhora mengajak Lila ke tepi danau dan mendorongnya sehingga hampir tenggelam, namun beruntung Lila selamat. Di malam hari Lila merasakan kontraksi. Dhora yang tahu akan hal itu bukannya membantu malah menyiram Lila dengan air keras. Setelah itu Dhora menyuruh anak buahnya untuk mengubur Lila. Tapi tak disangka, Lila justru melahirkan di dalam kubur. Sejak saat itu daerah Ciganyar menjadi angker. Kini film itu menjadi inspirasi untuk dibuat ulang dengan judul yang sama namun jalan cerita yang berbeda.

(Baca juga: Clift Sangra Takjub dengan Kemiripan Luna Maya dan Suzzanna)

5. Santet

Film yang disutradarai oleh Naryono Prayitno dan dibintangi oleh Suzanna dan Jagat Karana ini bercerita tentang seorang istri Bisman (Jagat Karana) yang tengah sakit-sakitan. Diatas penderitaan istrinya, Bisman malah melirik Katemi (Suzanna). Untuk mendapat Katemi, Bisman membunuh istrinya dan menghasut penduduk bahwa yang membunuh istrinya adalah Sarma (Novie Chandra), suami Katemi. Penduduk terhasut dan Sarma dibunuh.

Katemi sempat melarikan diri, tetapi terperosok dalam gua yang dihuni Nyi Angker (Joice Erna). Katemi lalu jadi murid Nyi Angker. Bisman kemudian merebut kedudukan kepala desa. Setelah jadi kepala desa, Bisman memerintahkan warga mencari Katemi. Anak kepala desa lama, Achmad (Jeffry Waworuntu), yang baru pulang dari berguru di pesantren, ikut mencari. Katemi ditemukan dan diserahkan pada Bisman. Saat itulah Katemi yang sudah punya ilmu sihir, membalas dan kemudian meningalkannya. (sus)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini