Penyebab Kematian Vokalis The Cranberries Akhirnya Terungkap

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 33 1947160 penyebab-kematian-vokalis-the-cranberries-akhirnya-terungkap-7Lj6v4ZHuG.jpg Dolores O'Riordan. (Foto: Shutterstock)

LONDON – Temuan baru terkait kematian Dolores O’Riordan terungkap di Pengadilan Koroner Westminster, pada Kamis (6/9/2018). Berdasarkan keterangan para saksi, penyebab kematian vokalis The Cranberries itu dimasukkan dalam kategori ‘kecelakaan’.

Penetapan itu diambil setelah persidangan mendengarkan keterangan para saksi dan saksi ahli. Pengadilan Koroner Westminster menyimpulkan, O’Riordan tenggelam di dalam bak mandi hotel setelah menenggak terlalu banyak alkohol.

“Aku melihat Nyonya O’Riordan terendam dalam bak mandi dengan hidung dan mulutnya dipenuhi dengan air,” ungkap Natalie Smart, seorang saksi dalam persidangan itu.

Baca juga: Siap Nikahi Anak Konglomerat, Denny Sumorgo Sindir soal Perjanjian Pra-Nikah

Ini sesuai dengan fakta bahwa O’Riordan ditemukan tewas di bathtub Hotel Park Lane Hilton, London, pada 15 Januari silam. Selain itu, dari hasil pemeriksaan tak ditemukan luka atau bukti melukai diri sendiri pada tubuh O’Riordan.

Namun, saksi ahli menegaskan ditemukan kadar alkohol dalam jumlah cukup besar dalam tubuh mendiang. Hasil tes toksikologi menunjukkan ada kandungan 330 miligram alkohol per 100 milimeter darah O’Riordian.

Angka itu 4 kali lebih tinggi dibandingkan batas aman kadar alkohol pada darah saat berkendara yang ditentukan sebesar 80 miligram di Inggris. Data itu didukung penemuan 6 botol sampanye (5 di antaranya berukuran kecil) di kamar hotel pelantun Zombie itu.

Selain itu, petugas juga menemukan wadah berisi obat-obatan resep dokter di dekat alkohol itu. Namun berdasarkan tes toksikologi tak ditemukan zat adiktif dalam darah O’Riordan.

Dalam persidangan itu juga diketahui bahwa O’Riordan masuk ke hotal itu pada 14 Januari 2018. Dia sempat didatangi layanan kamar pada tengah malam dan menelefon ibunya pada 15 Januari 2018, sekitar pukul 03.00 dini hari.

Baca juga: Terjun ke Dunia Musik, Limbad Akui Tak Alami Kesulitan

Namun kemudian O’Riordan ditemukan tak sadarkan diri di kamar hotel dan dinyatakan meninggal dunia pukul 09.16 pagi. Mendiang juga diketahui mengalami gangguan bipolar namun menjalani perawatan medis dengan sangat baik. Dia tercatat sempat bertemu dengan psikiatris Dr. Seamus O. Ceallaigh pada 9 Januari 2018 dan dinyatakan dalam kondisi ‘baik’.

Sebagai informasi, persidangan tersebut dihadiri oleh ibu R’Riordan dan kakak laki-laki beserta kakak iparnya. Mendiang diketahui telah berpisah dengan sang suami Don Burton pada 2014. Dia dan mantan manajer tur Duran Duran itu memiliki tiga anak bersama.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini