Cerita Persalinan Poppy Bunga dari Kontraksi hingga Masalah ASI

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Sabtu 21 Juli 2018 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 21 33 1925413 cerita-persalinan-poppy-bunga-dari-kontraksi-hingga-masalah-asi-7eaKyqoKdd.jpg Poppy Bunga (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Aktris Poppy Bunga diketahui baru saja melahirkan buah hati keduanya, yang berjenis kelamin laki-laki di sebuah Rumah Sakit di kawasan Cibubur, Depok, Jawa Barat. Sebelum melahirkan, istri dari Mohammad Fattah Riphat ini menceritakan bagaimana dirinya harus menghadapi kontraksi, hingga akhirnya berhasil melahirkan Muhammad Arkan Malik Riphat pada 17 Juli pukul 22.40 WIB.

Ia mengungkap bahwa putranya lahir dengan proses cesar diusia kandungan kurang dari sembilan bulan. Bahkan ia mengaku kontraksi yang dirasakan sangat jauh berbeda dan jauh lebih sakit, jika dibandingkan dengan kelahiran anak pertamanya.

(Baca Juga: OTT Kalapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Dikabarkan Ikut Diamankan KPK)

(Baca Juga: Line-up We The Fest 2018 Hari Kedua, Siap-Siap Ada Lorde!)

Poppy Bunga

"Iya (kontraksi) banget, makanya waktu Khanza prematur yang ini tuh beda banget. Khanza tuh benar-benar enggak ngerasain sama sekali ini, dari usia kandung 7 bulan setengah dia sudah ngodorong ke bawah sebenarnya, jadi setiap jalan tuh sakit banget. Kontraksi palsu itu sudah sering dirasain dari 8 bulan," ungkap Poppy Bunga.

"Dari usia kandungan tujuh bulan setengah dia udah ngedorong sebenarnya kepalanya, terus pas di ujung itu sakit banget kontraksi," tambahnya.

Sementara itu, mengenai ASI eksklusif yang akan ia berikan kepada buah hatinya, membuat wanita 26 tahun ini sempat panik. Pasalnya, setelah melahirkan pada 17 Juli , ASI-nya dikabarkan baru keluar pada hari ketiga usai kelahiran. Hal tersebut tentu berbeda dengan saat dirinya melahirkan anak pertamanya, Khanza Aliyah Riphat.

Tak hanya itu, perbedaan kelahiran Arkan dan Khanza juga bisa dilihat dari bagaimana cara dirinya mengembalikan kondisinya. Pasalnya, ia mengaku tak lagi manja dan selalu mengeluhkan rasa sakit usai menjalani operasi cesar.

Poppy Bunga

"Aduh beda banget, ASI-nya buat Arkan keluar dihari ketiga. Hari ini baru keluar, jadi benar-benar panik banget, dia nangis terus setiap hari walaupun sebenarnya dia enggak minum susu 3 hari pasca melahirkan sih aman sebenarnya kan, masih ada cadangan makanan. Tapi tetap saja dia nangis, jadi aku kan stress gitu, terus enggak keluar-keluar, jadi aku minum obat, tapi Alhamdulillah hari ketiga keluar," paparnya.

"Sedangkan waktu Khanza di hari pertama itu Alhamdulillah langsung keluar. Terus kalau untuk positifnya aku jauh lebih enggak manja sih. Waktu Khanza cesarkan sakit banget bekasnya, dikit-dikit aduh karena enggak terbiasa, karena sudah pengalaman pertama, keduanya sekarang jauh lebih terbiasa, lebih enggak manja, lebih cepat recover saja sih," sambungnya.

Beruntungnya, baik dirinya maupun sang putra, tak harus menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit. Ia mengaku bahwa Arkan hanya harus berada di inkubator selama beberapa jam setiap malamnya, lantaran ASI yang tak kunjung keluar.

"Enggak (ada perawatan intesif) sih, Alhamdulillah semuanya aman-aman saja karena memang untuk cesar diusia kandungan 8 bulan sudah aman sih," ucapnya.

"Kalau masuk inkubator karena kemarin kan asi ku belum keluar, jadi butuh penghatan badannya jadi mau enggak mau masuk inkubatorlah setiap malam beberapa jam," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini