nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiatus 14 Tahun, Adisurya Abdy Comeback Lewat Stadhuis Schandaal

Edi Hardian , Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 206 1920708 hiatus-14-tahun-adisurya-abdy-comeback-lewat-stadhuis-schandaal-zeSvQW8QKR.jpg Adisurya Abdy dan Para Pemain Stadhuis Schandaal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Empat belas tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk beristirahat. Ibarat hibernasi, selama 14 tahun sutradara senior Adisurya Abdy memilih untuk rehat dari hingar bingar layar lebar Indonesia. Namun kini, ia siap comebak dengan karya barunya.

Adalah sebuah film bertajuk Stadhuis Schandaal menjadi karya teranyar Adisurya Abdy dalam menantang para sineas-sineas muda tanah air dalam berkarya.

Tentu saja perkembangan dunia film terus berubah seiring waktu, termasuk dari sisi teknologi, cerita, dan berbagai unsur lainnya. Namun, Adisurya mengaku tetap tak ingin kehilangan sentuhannya dalam sebuah film.

 

“Saya berusaha maksimal, baik dari unsur cerita dan teknologi. Karena, hasrat dan selera penonton terus berubah,” ujar Adisurya Abdy beberapa waktu lalu.

- Baca Juga: Unggah Foto Berdua, Keadaan Kulit Anak Franda Jadi Sorotan Netizen

Film Stadhuis Schandaal sendiri menjadi ujian bagi sang sutradara, apakah sentuhannya masih bisa diterima penikmat film tanah air, mengingat cerita yang diangkat dalam film ini cukup complicated.

Uniknya, film ini akan mengambil setting dalam dua kurun waktu, yakni zaman kolonial pada abad ke-16 dan masa kekinian. Abdy juga mengangkat kisah romantis yang terjadi pada Gubernur Jenderal Batavia abad 16 yakni JP. Coen yang selama ini kita kenal lewat buku sejarah.

“Kelemahan film kita adalah mengangkat kisah nyata sejarah tapi tidak dalam format kekinian. Maksudnya adalah sejarah yang mengangkat intelektual, pengetahuan tapi dalam format hiburan dan pop,” lanjutnya.

Manurut pria yang lahir pada 29 Agustus 1956 ini, proyek film terbarunya tersebut menjadi uji coba apakah dirinya masih peka terhadap selera penonton saat ini.

 

Nama Adisurya Abdy sendiri bukanlah nama baru di belantika perfilman Indonesia. Beberapa judul seperti Bangku Kosong (2006), serta Asmara (19912) pernah menjadi film racikannya.

Adaapun film Stadhuis Schandaal yang diproduksi oleh Xela Pictures ini siap tayang serentak di bioskop tanah air pada Kamis, 26 Juli 2018.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini