Surat Perpisahan Penuh Haru Stephen Street untuk Vokalis 'The Cranberries'

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 33 1845684 surat-perpisahan-penuh-haru-stephen-street-untuk-vokalis-the-cranberries-Fofy05fQcu.jpg Dolores O'Riordan. (Foto: James Shaw/Shutterstock)

LONDON - Industri musik rock dunia mendadak kelabu ketika Dolores O'Riordan, vokalis The Cranberries, meninggal dunia, pada Senin (15/1/2018). Menyusul  berita duka itu, produser ternama Stephen Street, mengungkapkan dukanya.

Dalam tulisannya, Street mengungkapkan bagaimana O'Riordan bertransisi dari seorang musisi yang 'gugup' menjadi seorang bintang rock. "Transformasi itu sangat luar biasa untuk dituliskan," tulis Street.

Baca juga: Mengenal Dolores O'Riordan, Vokalis The Cranberries yang Meninggal Misterius

"Dolores memberikan banyak bagian dari dirinya dalam setiap penampilan dan melanjutkan itu satu dekade kemudian dan seterusnya. Mungkin, dia mudah marah dan mudah ditebak. Tapi, itu bukan dia yang sebenarnya," katanya.

Berikut adalah kenangan Street tentang O'Riordan yang dituliskannya dalam sebuah surat perpisahan, seperti dilansir dari Rolling Stone. "Aku bertemu Dolores pertama kali saat dia masih remaja. Tampil bersama The Cranberries di The Marwuee Club, di London," tulisnya sebagai pembuka.

Island Records, menurut Street, kemudian memintanya untuk membantu penggarapan album debut grup yang juga digawangi Noel dan Mike Hogan itu. Dia mengungungkapkan, ibu tiga anak itu terlihat sangat gugup pada penampilan perdananya.

"Dia tampil dengan bernyanyi menyampingi penonton, tak mampu bertatap muka dengan mereka. Meski begitu, ada hal istimewa yang menawan hatiku tentang dia. Itulah alasanku mau membantu penggarapan album debut The Cranberries dan penasaran apa yang bisa kulakukan dengan mereka."

Street tercatat pernah dua kali menggarap album studio The Cranberries: 'Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?' (1993) dan 'No Need to Argue' (1994). Dia juga sosok di balik sejumlah lagu populer The Cranberries, seperti Dreams dan Linger.

(Foto: Shutterstock)

Selama proses rekaman, Street menilai, kepercayaan diri Dolores dan rekan-rekannya semakin kuat. Sekitar 9 bulan setelah merilis album debut dan tampil dari satu panggung ke lainnya di Amerika dan Eropa, Dolores mengalami perubahan karakter yang sangat signifikan.

"Dolores yang pemalu berubah menjadi frontwoman yang kuat. Dia kini mampu menatap mata penonton dan bilang, 'Lihat aku, dengarkan aku'. Transformasinya sangat luar biasa untuk diungkapkan dengan kata-kata," ujarnya.

O'Riordan, menurut Street, selalu memberikan yang terbaik dalam setiap penampilannya. "Dia adalah api kecil yang akan membuat setiap orang terpaku. Dan ketika dia membuka mulutnya untuk bernyanyi, suasana akan sangat cair."

(Foto: Shutterstock)

Baca juga: Duka Musisi Dunia untuk Vokalis The Cranberries

"Kini, dia sudah tiada dan meninggalkan keluarga serta teman-temannya. Dia meninggalkan tiga teman istimewa di The Cranberries. Band itu bekerja sangat keras untuk mencapai kesuksesan global mereka," ujarnya.

"Dukaku bersama keluarganya dan Noel, Mike, dan Fergal. Kita beruntung mengenalnya dan menikmati keberadaannya. Beristirahatlah dengan tenang, Songbird Irlandia-ku."

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini