Share

Mengenal Dolores O'Riordan, Vokalis The Cranberries yang Meninggal Misterius

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 33 1845660 mengenal-dolores-o-riordan-vokalis-the-cranberries-yang-meninggal-misterius-w0pNuSmjFM.jpg Dolores O'Riordan (Foto: Okezone)

LONDON – Industri musik dunia berduka saat tersiar kabar tentang meninggalnya Dolores O’Riordan, vokalis The Cranberries. O’Riordan menghembuskan napas terakhirnya di usia 46 tahun, Senin 15 Januari 2018.

Terkenal sebagai vokalis The Cranberries, O’Riordan adalah anak termuda dari tujuh bersaudara. O’Riordan kecil lahir di Limerick, Irlandia, pada 6 September 1971. Sejak kecil O’Riordan sudah memperlihatkan kecintaannya pada musik.

Baca Juga: Dolores O'Riordan Sempat Telefon Teman sebelum Ditemukan Meninggal

Pada 1990, O’Riordan ikut audisi The Cranberry Saw US. Di tahun yang sama, dia memulai karier bermusiknya bersama The Cranberries. Bersama Noel dan Mike Hogan bersaudara, O’Riordan berhasil membentuk The Cranberries sebagai salah satu band terbesar Irlandia.

Album debut The Cranberries berjudul “Everybody Else is Doing It, So Why Can’t We?” dirilis pada 1993. Dreams dan Linger menjadi dua lagu utama album tersebut. O’Riordan berperan menulis lagu  Everybody Else is Doing It, So Why Can’t We?.

“Aku tahu dengan pasti soal apa lagu-lagu di album itu. Dan aku tahu dengan jelas pada malam apa aku menulisnya dan mengapa aku menulis itu. Dan, aku bangga pada semuanya karena mereka mampu mengelaborasi apa yang aku rasakan kala itu dengan baik,” tutur O’Riordan pada Rolling Stone pada 1995.

Setelah hampir satu dasawarsa menuai sukses, popularitas The Cranberries menurun di awal 2000an. Setelah merilis Wake Up and Smell the Roses pada 2001, band empat member itu memilih untuk hiatus dan bubar pada 2003.

Namun O’Riordan menolak untuk berhenti bermusik. Pada 2007, O’Riordan menandai karier solonya dengan merilis album “Are You Listening?”. Dua tahun bersolo karier, O’Riordan reuni dengan The Cranberries pada 2009 dan merilis “Roses” pada 2012.

Tahun lalu, The Cranberries merilis album terbarunya, “Something Else” pada 2017. Untuk mempromosikan “Something Else”, The Cranberries telah dijadwalkan menggelar tur dunia. Namun tur itu tak terwujud karena masalah kesehatan O’Riordan tahun lalu.

O’Riordan sangat dicintai karena suaranya yang khas. Ia juga memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi. Lagu-lagu tulisannya seperti Linger, Dreams, atau Zombie hingga kini masih dicintai penggemar dan laku keras. Linger bahkan mendapat sertifikat Gold di Amerika Serikat.