Penyebab Anggun C Sasmi Pindah Kewarganegaraan Terbongkar

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 09:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 13 33 1844409 penyebab-anggun-c-sasmi-pindah-kewarganegaraan-terbongkar-fo7rYqylkd.jpg Anggun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Karier Anggun C Sasmi kian cemerlang sebagai penyanyi internasional. Salah satu lagunya berjudul What We Remember telah mengisi tangga lagu Billboard Dance Club Songs di urutan ke-38 pekan ini.

Kesuksesan tersebut lantas membuat beberapa pihak membahas terkait kewarganegaraan Anggun. Penyanyi berusia 43 tahun ini pun naik darah karena dianggap lupa akan asal usulnya. Ia lantas menjelaskan alasan yang membuatnya pindah kewarganegaraan, yang tak lain dilatarbelakangi oleh rasa kecewa, seperti beberapa cupilkan wawancara yang diunggah di salah satu akun gosip.

Baca Juga: Anggun C Sasmi Komentari Kasus Penistaan Agama, Netizen Heboh

Anggun mengaku tak mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kariernya sampai taraf Internasional. Untuk kebutuhan promosinya, Anggun meminta dibantu soal visa namun tidak didapatkannya.

"Aku ganti kewarganegaraan karena tidak dibantu pemerintah Indonesia. Kesuksesanku tidak dibantu sama sekali orang Indonesia. Malah banyak orang Indonesia mengkritik aku. Sekarang aku sukses banyak orang bilang, 'Oh dia seperti kacang lupa kulitnya. Ganti kewarganegaraan'. Padahal, sama sekali enggak ada hubungannya dengan itu. Aku kadang-kadang suka menyesal memberi informasi ini, karena banyak orang menuding dan bicara yang enggak-enggak," kata dalam sebuah tulisan dalam akun gosip di Instagram.



"Aku ingin dibantu seperti misalnya dipermudah soal visa. Makanya, aku minta ke orang KBRI. Karena orang KBRI banyak fasilitas. Jadi aku datang ke Pak Dubes, aku tanya, Pak Dubes bisa enggak aku kasih fasilitas tertentu, supaya aku dipermudah setiap kali aku promosi ke negara-negara. Dia malah bilang, enggak ah, enggak bisa," tulisnya lagi.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan sikap pemerintah Perancis yang saat ini menjadi negaranya. Meskipun demikian, wanita kelahiran Jakarta ini memastikan tak pernah lupa membawa nama Indonesia di setiap sesi wawancara di luar negeri berlangsung.

"Justru aku malah dapat penghargaan. Karena mengangkat kultur Perancis di luar. Kebalik banget. Aku setiap kali wawancara dengan wartawan luar, mengangkat nama Indonesia. Aku bela-belain kalau ada masalah," tulisnya lagi.

"Nah yang begitu, orang-orang nggak pernah lihat, malah bilang, 'Kok, kamu ganti warga negara sih?' Nah, masalahnya yang negara Indonesia kasih ke aku apa? Kenapa selalu akunya dituntut?," tulisnya lagi.


Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya sebagai penyanyi internasional pada tahun 1994. Ia menjadi penyanyi pertama Indonesia yang mampu menembus industri musik internasional dan album-albumnya telah meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa.

Baca Juga: Teka Teki, Kolaborasi Kotak dan Anggun C Sasmi


(edi)

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini