nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mo Sidik Berniat Populerkan Stand Up Comedy dalam Bahasa Inggris

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 17:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 03 33 1824440 mo-sidik-berniat-populerkan-stand-up-comedy-dalam-bahasa-inggris-SpDm2x1zI6.JPG Mo Sidik (foto: Lidya H/Okezone)

JAKARTA - Walaupun sulit, stand-up comedian Mo Sidik yakin teman- teman seprofesinya bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Ia pun ingin jadi yang perlahan membangun proses ini dan melihat para stand-up comedian Indonesia siap dengan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Pasalnya, kemampuan melawak dalam Bahasa Inggris bisa jadi penting untuk kenyamanan penonton dari negara asing. Dalam bahasannya di penutupan tur Fattitude, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 2 Desember 2017.

(Baca Juga: Tutup World Tour Stand-Up Comedy, Mo Sidik Berhasil Kocok Perut Penonton)

Mo sempat menjelaskan mengenai kesulitan melawak di depan orang-orang Afghanistan yang tidak paham Bahasa Inggris, dan harus menggunakan dua orang penerjemah, masing-masing untuk Bahasa Dari dan Bahasa Pashto yang digunakan di Afghanistan.

“Ini dua orang translator br*ngs*k, pernah sekali gue ngelawak, mereka ikutan ketawa. Hahahaha, gitu. Yang di belakang (penonton lain) pada chaos,” papar Mo Sidik kepada Okezone.

Bagi Mo, ini yang harus mulai dicamkan dan dipelajari orang Indonesia. Bahkan, Mo pun tidak khawatir jika penonton lawakan berbahasa Inggrisnya jauh lebih sedikit dari penonton Bahasa Indonesia, jika memang maksudnya menyajikan lawakan dalam Bahasa Inggris tercapai.

Ia justru menilai jika ia cukup bersikeras menggunakan Bahasa Inggris, perlahan akan terbentuk fan club dan akhirnya cabang industri hiburan baru tersebut. Jika belum memungkinkan untuk disajikan pada orang asing, setidaknya orang Indonesia harus paham maksud tersebut.

“Gue sih seneng yang nonton banyak. Gue sempet enggak pede banget. Mungkin (yang menonton) Bahasa Inggris enggak akan sebanyak yang tadi karena Bahasa Inggris lebih susah, tapi seperti lagu yang pertama gue nyalain tadi, judulnya Pasar Bisa Diciptakan, itu hal yang gue percayai," kata Mo.

(Baca Juga: World Tour Perdana, Mo Sidik Dapat 'Wejangan' dari Pandji Pragiwaksono)

"Biarpun sedikit demi sedikit, walaupun yang nonton cuma setengah, tapi at least gue jadi orang yang pertama. Terus, semoga ini jadi domino effect ke depannya karena gue sangat pengen orang Indonesia stand-up comedy dengan bahasa inggris dengan pasar yang berbeda, atau sama orang Indonesia sendiri,” sambungnya.

Sementara itu, Mo baru saja menyelesaikan rangkaian tur dunia Fattitude, yang digelar di 13 negara, 20 panggung, dan total 38 pertunjukkan. Jika mengikuti rencananya, maka pada 2019 pria 41 tahun tersebut akan mengusung tema baru untuk tur dunia berikutnya, yaitu tentang agama.

“Gue akan punya tema baru. Itu soal agama, judulnya Funny Insya Allah. Itu juga tur dunia,” tukas Mo.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini