Image

Perdana Garap Biopik, Rizal Mantovani Hadirkan Gaya Pop dalam Film Chrisye

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Jum'at 10 November 2017 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 10 206 1812026 perdana-garap-biopik-rizal-mantovani-hadirkan-gaya-pop-dalam-film-chrisye-mV4q4Mtji7.jpg Rizal Mantovani (Foto: Instagram)

JAKARTA - Rizal Mantovani ditunjuk sebagai sutradara untuk menggarap film Chrisye. Dalam film produksi MNC Pictures itu, sutradara kelahiran Jakarta tersebut mengutarakan bahwa ini adalah film biopik perdananya selama lebih dari 20 tahun terjun di dunia layar lebar.

Keraguan sempat dirasakan olehnya saat pertama kali ditawarkan untuk menggarap film Chrisye. Namun, dukungan dari keluarga penyanyi Chrisye dan istri, Damayanti Noor, membuatnya menilai bahwa film ini adalah karya yang luar biasa karena disusun oleh kisah langsung dari pihak keluarga. Hal itu diungkapkan oleh Rizal saat bertandang ke Redaksi Okezone di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2017).

 

(Baca Juga: Konser Bareng Vina Panduwinata, Raisa Janji Suguhkan Penampilan Spesial)

(Baca Juga: Wow! Animasi Kiko Raih Rating ke-2 Tertinggi setelah Doraemon)

"Ya ini pertama kali saya garap biopik. Tadinya saya terus terang sangat khawatir apakah saya bisa atau tidak tapi dorongan-dorongan dari mbak Yanti, akhirnya saya berpikir kembali bahwa 'apakah mungkin ini sebuah kesempatan saya membuat sebuah biopik yang lain dari yang lain karena pendekatan yang diberikan oleh mereka adalah biasanya biopik-biopik yang ada semuanya ada dalam buku. Ini tidak ada dalam buku, ini semuanya ada di balik layar dan hanya diketahui oleh mbak Yanti dan keluarganya," jelas Rizal.

Mengingat latar film yang diangkat dari era tiga periode yakni tahun 1970-1990an, Rizal mengemas dengan membawa unsur gaya pop ke dalam Chrisye yang juga berangkat dari jenis musik penyanyi legendaris tersebut. Lewat unsur tersebut, ia menerjemahkan gaya pop dalam interior set film.

(Baca Juga:  Yeay, Disney Bakal Tayangkan Serial Star Wars dan High Musical secara Streaming pada 2019)

(Baca Juga: 25 Album Foto Jadi Modal Rizal Mantovani Hadirkan Suasana Jadul di Film Chrisye)

"Saya memadukan ada unsur pop di sini. Jadi walaupun ini biopik, tapi biopiknya ini ada unsur-unsur pop. Mengapa? Karena Chrisye adalah penyanyi pop," ujarnya.

"Dalam sebuah interview saya membaca dia mengaku dan bagaimana mendeskripsikan musiknya dia adalah musik-musik pop. Saya coba mengambil itu dan menerjamahkan ke elemen-elemen visual dan akhirnya mengambil elemen pop pada tahun 1970-an dan menaruh ke interior, suasananya jadi tahun seperti itu," tambahnya.

Walaupun ini film biopik perdananya, Rizal mengatakan film ini membawa semangat dan keberanian untuknya.

"Menurut saya ini biopik lain, menarik ini. Dari mereka juga memberikan semangat ke saya, saya bisa. Atas dorongan semangat itu lah akhirnya saya memiliki keberaninan untuk membuat film Chrisye," tandasnya.

Film Chrisye akan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 7 Desember 2017. Dalam film ini melibatkan sederet bintang seperti Vino G. Bastian, Velove Vexia, Andi Arsyl, Ayu Dyah Pasha, Ray Sahetapi, dan lainnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini