Share

Putusan Dibacakan, Axel Matthew Thomas Divonis Empat Bulan Penjara

Adiyoga Priambodo, Okezone · Senin 06 November 2017 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 06 33 1809420 putusan-dibacakan-axel-matthew-thomas-divonis-empat-bulan-penjara-OWvJ9GLNqV.jpg Axel Matthew Thomas (Foto: Yoga/Okezone)

TANGERANG - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Tangerang telah membacakan putusan terhadap Axel Matthew Thomas dalam sidang yang berlangsung Senin (6/11/2017).

- Baca Juga: Tidak Dampingi Axel di Sidang Lanjutan Perkara Narkoba, Kemana Jeremy Thomas?

Putra Jeremy dan Ina Thomas dinyatakan terbukti melanggar Pasal 60 ayat (5) juncto Pasal 69 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika atas tindakan percobaan penerimaan penyerahan psikotropika jenis happy five seharga Rp. 1,5 juta.

"Menjatuhkan pidana penjara empat bulan dikurangi masa tahanan dan denda Rp. 20 juta yang apabila tidak dipenuhi diganti dengan satu bulan kurungan," kata Hakim Ketua Majelis R.A. Suharni dalam sidang.

Dalam putusan, Majelis Hakim menyebutkan bahwa pertimbangan tersebut diambil berdasar bukti percakapan antara Axel dengan terdakwa Pascal sebelum tertangkap.

Axel disebut Majelis Hakim sempat menanyakan paket happy five pesanannya kepada Pascal sebelum menyepakati proses penyerahan di salah satu hotel di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

"Dapat disimpulkan terdakwa telah melakukan percobaan penerimaan penyerahan happy five sebanyak satu strip dengan harga Rp 1,5 juta," ujar Hakim Anggota Majelis Salahudin.

Sementara meski Majelis Hakim menggunakan pasal yang didakwakan Penuntut Umum, ada pertimbangan tersendiri untuk meringankan hukuman Axel. Seperti diketahui, Penuntut Umum meminta kepada Majelis Hakim agar Axel dipidana penjara selama enam bulan dengan pasal serupa.

"Keadaan meringankan, terdakwa sopan, mengakui perbuatan, menyesali perbuatan, dan tidak berbelit-belit dalam memberikan keterangan selama persidangan," tutur Hakim Anggota Majelis Salahudin.

- Baca Juga: Banyaknya Perdata Bikin JPU Sidang Axel Matthew Kembali Ditunda

Putusan itu sendiri langsung mendapat sambutan positif dari Axel Matthew Thomas. Hal itu ditunjukkan dengan tidak adanya upaya banding dari Axel maupun kuasa hukumnya, Amin Zakaria.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini