Image

Paduan Budaya, Cerita Rama dan Shinta Disajikan dalam Balutan Tari Balet

Revi C. Rantung, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017, 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 27 206 1803754 paduan-budaya-cerita-rama-dan-shinta-disajikan-dalam-balutan-tari-baliet-kGQ3Bky4Ko.jpg Rama dan Shinta (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Bagaimana jadinya sebuah kisah perwayangan asli Indonesia diangkat melalui pertunjukan seni tari balet? Tentu akan menjadi sesuatu yang berbeda bukan? Apalagi dengan sajian tari balet yang akan disuguhkan sepanjang pertunjukan cerita. Ya, Marlupi Dance Academy mewujudkan hal tersebut lewat cerita yang sudah tidak asing lagi yakni Rama dan Shinta.

Mengingat Marlupi Dance Academy yang didirikan pada tahun 1956 oleh Marlupi Sijangga telah mencetak beragam balerina-balerina handal asli Indonesia. Seiring berjalan waktu, kehadiran anak Marlupi yakni Fifi Sijangga membuat Marlupi Dance Academy semakin berkembang, sehingga berhasil membuka cabang di Jakarta.

(Baca Juga: Prilly Latuconsina Sebut Laudya Cynthia Bella Sedang Bahagia, Hamilkah?)

(Baca Juga: 30 Tahun Berkarier, Reza Artamevia Buka Peluang Gelar Konser Tunggal)

Sementara itu, lewat pertunjukan Rama dan Sinta yang akan dihelat pada 28-29 Oktober mendatang di Teater Ismail Marzuki Jakarta Pusat, agaknya pertunjukkan ini akan meningkatkan kualitas seni dan budaya di Tanah Air, terlebih para generasi penerus bangsa supaya lebih mengenal budaya asli Indonesia. Selain itu, lewat cerita Rama dan Shinta para balerina-balerina muda ini dapat menunjukan kemampuan mereka selama belajar dalam MDA.

"Selain menyediakan wadah bagi para murid Marlupi Dance Academy untuk menampilkan skill yang dipelajari selama belajar di MDA. Pertunjukan 'Rama dan Shinta' ini bertujuan untuk mengajak generasi penerus agar lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia," tutur Fifi Sijangga saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).

Rama dan Shinta nantinya akan disuguhkan dalam sebuah pertunjukan dalam bentuk balet klasik, yang disesuaikan dengan cerita Rama dan Shinta. Pertunjukan ini pun akan berlangsung selama satu jam lamanya.

(Baca Juga: So Sweet! Aamir Cerita Awal Pertemuan dengan Salman dan Shah Rukh Khan yang Tak Terlupakan)

(Baca Juga: Berpose Sambil Pegang Perut, Benarkah Dewi Persik Hamil?)

Pertunjukan ini pun akan diperankan oleh Michael Halim, dimana dia adalah seorang penari balet pria pertama Indonesia yang menyabet gelar 'Solo Seal' dari Royal Academy of Dance, London. Tak ketinggalan, pertunjukan ini akan menampilkan 250 murid dari Marlupi Academy Dance.

Tak hanya itu, penataan panggung, tata cahaya dan musik telah dipersiapkan betul-betul oleh orang-orang yang berkompeten di dalamnya. Diharapkan pertunjukan ini akan menjadi pertunjukan yang spektakuler dan ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, Marlupi Sijangga sendiri baru-baru ini mendapatkan sebuah penghargaan dari pemerintah sebagai Maestro Seni Tradisi kategori Pencipta, Pelopor dan Pembaharuan Seni Tari Balet di Indonesia. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, 28 September 2017.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini