Lagu Indonesia Raya 3 Stanza akan Rilis, Trio Lestari Angkat Suara

Revi C. Rantung, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 22 205 1800251 lagu-indonesia-raya-3-stanza-akan-rilis-trio-lestari-angkat-suara-sm6gnOKlb5.jpg Trio Lestari (Foto: Instagram)

JAKARTA – Baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi akan menerapkan pelafalan lagu Indonesia Raya tiga stanza, dimana lagu Indonesia akan dinyanyian dengan tiga bait.

- Baca Juga: Siap-Siap! Trio Lestari Bakal Suguhkan Musik Orkestra di Single Terbarunya

Rupanya hal tersebut tampak ditanggapi oleh Trio Lestari yang diisi oleh penyanyi-penyanyi top Indonesia yakni Tompi, Gleen Fredly dan Sandhy Sondoro.

Menurut Tompi salah satu personel Trio Lestari bahwa hal ini harus dilihat terlebih dahulu dari segi efektivitasnya seperti apa.

Kemudian ia pun melanjutkan bahwa hal itu begitu menarik bagi para pelaku seni seperti dirinya, khususnya dalam bidang tarik suara. Tompi beranggapan bahwa ini akan menjadi salah satu cara untuk membangkitkan rasa cinta terhadap Indonesia.

“Kalau misalnya nanti diterapkan 3 Stanza, kita lihat efektivitas seperti apa. Terus terang isu ini menarik buat kami sebagai pelaku seni, yang juga bagian dari masyarakat untuk tahu lebih jauh. Ini salah satu cara membangkitkan kecintaan terhadap tanah air. Kita juga udah lama gak ikut upacara bendera. Terakhir SMA masih rutin, belakangan udah gak ada kewajiban lagi,” ungkap Tompi saat ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (20/10/2017).

Sementara itu, diketahui lagu Indonesia Raya 3 Stanza akan mulai disosialisasikan pada sekolah-sekolah terlebih dahulu. Glenn pun menambahkan bahwa lagu Indonesia Raya 3 Stanza merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia dan memang patut disosialisasikan.

Dan yang menarik bagi pria asal Ambon itu adalah lagu itu direkam kembali dan dimainkan oleh musisi kita sendiri. Rekaman ulang lagu itu pun direkam di studio Lokananta, Solo dimana menjadi studio pertama di Indonesia.

“Lagu Indonesia Raya 3 Stanza ini bukan telat. Tapi ini bagian dari sejarah Indonesia. Tiga poin yang ada patut di sosialisasikan. Perkara dinyanyikan tiga-tiganya itu lebih protokoler karena lebih sulit hubungannya, enggak cuma kita, tapi juga sama negara-negara yang akan memainkan lagu itu. Tapi yang menarik, sebenarnya lagu ini kan direkam ulang lagi setelah sekian lama. Rekaman yang asli kan tahun 50an kalau enggak salah. Setelah sekian lama lagu ini direkam oleh musisi kita sendiri dan direkamnya di Lokananta. Menarik sih karena kita menggunakan fasilitas kita, musisi yang terlibat dari kita sendiri,” timpal Glenn Fredly.

Selain itu, mantan kekasih Aura Kasih itu melanjutkan bahwa lagu Indonesi Raya 3 Stanza nantinya akan membuka sejarah lagu kebangsaan. Hal itu dirasa penting lantaran lagu tersebut menjadi sebuah bagian penting dari jati diri negara Indonesia dimana dunia.

Seperti diketahui, rekaman baru Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza akan dirilis pada 28 Oktober 2017 mendatang dan akan dimainkan serta dinyanyikan oleh putra-putri terbaik bangsa yang tergabung dalam Orkes Gita Bahana Nusantara.

- Baca Juga: Album Trio Lestari Terinspirasi dari Kondisi Negara yang "Bau"

“Saya bilang ini sebagai pemicu membuka sejarah terutama dari lagu kebangsaan. Karena lagu kebangsaan kan jadi part utama buat jati diri atau representasi Indonesia di dunia. Jadi penting untuk disosialisasikan,” tutup Glenn Fredly.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini