CELEB FACT: Jadi Korban Bullying hingga Tiru Elvis Presley, Ini 8 Fakta Menarik Bruno Mars

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 12 33 1794240 celeb-fact-jadi-korban-bullying-hingga-tiru-elvis-presley-ini-8-fakta-menarik-bruno-mars-H3W58KH04N.jpg Bruno Mars. (Foto: Varsity Breakout)

LOS ANGELES - Ia merupakan pemenang lima trofi Grammy Awards dan masuk daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah TIME pada 2011. Kemudian pada Desember 2013, dia berada di puncak Forbes 30 Under 30, yang membuat eksistensinya diakui dunia internasional.

Namun tahukah Anda, di balik kisah sukses Bruno Mars di dunia musik, masa kecilnya cukup pahit? Menghabiskan masa kecil di Honolulu, Hawaii, keuangan keluarga yang serba kekurangan memaksa Mars tumbuh di sebuah rumah sempit tanpa kamar mandi.

Meski begitu, dalam sebuah wawancara dengan ET Online, Mars menegaskan, masa kecil adalah momen 'terbaik' dalam hidupnya. "Kami memang tak punya uang. Ada kalanya tak ada listrik di rumah, tapi kami percaya bahwa semua itu akan berlalu. Keuntungannya, kami saling memiliki satu sama lain sebagai keluarga," katanya.

Tumbuh di keluarga miskin, bukan satu-satunya rahasia Mars. Setidaknya ada delapan fakta menarik yang layak diulik darinya. Apa saja? Berikut nukilannya untuk Anda seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga:

Sukses sebagai Wonder Woman, Gal Gadot Dipercaya Bintangi Film Bertema Perang Dunia II

Jelang Halloween, Blumhouse dan Universal Hadirkan Film Horor Happy Death Day 

Khawatir Melarikan Diri, FBI Mulai Selidiki Kasus Pelecehan Seksual Harvey Weinstein

Jennifer Lopez hingga Selena Gomez Gelar Konser Amal untuk Korban Bencana Alam yang Melanda Amerika


Ia sangat Dekat dengan sang Ibu

Mars mengaku sangat dekat dengan sang ibu, Bernadette San Pedro Bayot. Ketika Bayot meninggal dunia pada 2013, Mars mengaku sangat kehilangan.

(Foto: Instagram/@brunomars)

"Dia mengajariku bagaimana cara mencintai. Ketika dia tiada, separuh hatiku pun hilang. Hidupku berubah. Dia lebih dari musik yang aku buat. Jika aku diberi kesempatan menukar dia dengan musik, akan aku lakukan. Aku selalu mendengar dia mengatakan 'Teruslah berjalan, tetaplah berusaha'," katanya seperti dilansir dari Latina.

Dekat dengan Musik Sejak Kecil

Bakat bermusik Mars sudah tampak sejak kecil. Dia menulis lagu pertama yang diperuntukkan bagi sang ibu ketika masih berusia 4 tahun. Kepada Inquirer Lifestyle, mendiang Bernadette Bayot mengatakan, Mars sudah bernyanyi bahkan sebelum dia mulai berbicara.

(Foto: Instagram/@brunomars)

Tak hanya bernyanyi, menurut sang ibu, Mars diketahui mahir bermain piano sejak masih kecil. "Aku membelikannya piano saat dia masih berusia 2 tahun. Dan ketika dia mendekati dan mulai memainkan piano itu, dia tak sekadar membunyikannya. Tapi dia memainkannya dengan nada," kata sang ibu.

Dengan kemampuan itu tak heran Mars mampu menghasilkan sejumlah tembang hits.

Kerap Menirukan Elvis Presley

Selain bisa bermain piano pada usia 2 tahun, tak banyak yang tahu di umur yang sama dia juga kerap menirukan penyanyi Elvis Presley. Awalnya, dia melakukan hal itu sebagai selingan dalam pertunjukan sang ayah.

(Foto: Instagram/@brunomars)

Pada 1990, dia menirukan Elvis dalam acara Aloha Bowl dan dua tahun kemudian Mars bermain sebagai Elvis kecil dalam film Honeymoon in Vegas. Kemampuannya menirukan Elvis Presley juga membawanya tampil dalam film dokumenter Viva Elvis tahun 1990 dan sejumlah program televisi.

Salah satu pertunjukan Mars kecil yang paling berkesan sebagai Elvis Presley, menurut Rolling Stone, adalah ketika dia tampil di The Arsenio Hall Show, pada usia 6 tahun. Lalu pertanyaannya kemudian, kenapa Mars memilih untuk meniru Elvis Presley? Dalam dokumenter Viva Elvis, Mars mengatakan, "Aku menyukai caranya bernyanyi, menari, dan juga bibirnya."

Mengalami Bullying Sejak Kecil

Masa-masa sekolah adalah pengalaman tak mudah bagi Mars. Sejak kecil, teman-teman sekelas selalu mengolok-oloknya dan menyebut dia 'Peter Pan Hyma Dingier'. Hingga kini, kepada Rolling Stone, Mars mengaku, tidak mengetahui arti dua kata terakhir dalam nama julukannya itu.

(Foto: Instagram/@brunomars)

"Bahkan, anak-anak aneh di sekolahku memanggil aku dengan nama julukan itu. Oh man, masa-masa itu sangat berat dan membuatku sempat tak ingin pergi ke sekolah," katanya.

Namun tak lama, Mars mampu memenangkan hati teman-teman sekolahnya dengan pesona alami yang ia miliki. Bahkan, beberapa orang yang pernah merundungnya, menjadi teman baiknya saat ini.

Panggung Tercipta untuknya

Mars mewarisi darah seni dari kedua orangtuanya. Ayah Mars adalah pemain perkusi dari Puerto Riko sementara ibunya penari hula asal Filipina.

(Foto: Instagram/@brunomars)

Pada usia 4 tahun dia bergabung dengan The Love Notes, band cover yang mana ia kerap menirukan Elvis Presley. Tak hanya Mars, kakak laki-lakinya, Eric Hernandez, bahkan rela melepas pekerjaannya sebagai polisi demi mendukung karier bermusik sang adik. Dia kemudian bergabung dengan band Mars sebagai penggebuk drum.

"Saat itu, aku berpikir, 'Jika aku tidak melepas (pekerjaan) ini sekarang dan hanya melihat orang lain bermain drum untuk adikku, aku akan menyesal suatu hari nanti'," kata Hernandez.

Nama 'Bruno' Diambil dari Nama Pegulat Terkenal

Ketika dia terkenal sebagai 'peniru' cilik, Mars tak menyematkan nama aslinya, Peter Gene Hernandez. Meski saat itu dia belum menambahkan unsur Mars dalam nama panggungnya, namun ia terkenal sebagai Bruno Hernandez atau si Kecil Bruno. Nama Bruno, menurut Mars, diambil sang ayah dari nama pegulat terkenal, Bruno Sammartino.

(Bruno Mars dan Bruno Sammartino. Foto: Instagram/@brunomars)

Kepada Rap-Up Mars mengatakan, "Aku rasa, dia menamaiku Bruno karena aku sangat kecil saat itu. Sedang Bruno Sammartino adalah pegulat besar dan gemuk."

Pada Agustus 2017, Mars akhirnya bertemu langsung dengan Bruno Sammartino dan mengunggahnya ke Instagram. "Malam ini di Pittsburgh, aku berkesempatan bertemu dengan dia!" tulis Mars.

Sempat Tersandung Kasus Narkoba

Popularitas ternyata bukan hal yang mudah untuk ditangani Bruno Mars. Sikapnya yang perfeksionis sebelum naik panggung kerap membuatnya depresi. Belum lagi sorot publik atasnya. Pada September 2010, depresi itu membuatnya menyerah pada kokain dan berujung di balik bui.

(Foto: Instagram/@brunomars)

Akibat barang terlarang itu pengadilan menetapkan denda USD2.000, satu tahun masa percobaan, dan 200 jam pelayanan komunitas kepadanya. Kepada GQ, Mars mengatakan, penangkapan itu adalah momen perubahan dalam hidupnya.

"Aku bisa mengambil semua ini darimu, anak muda. Itulah pelajaran yang aku dapat dari mengisap kokain. Kau akan diperbudaknya selama bertahun-tahun. Dan kau akan menyia-nyiakan seluruh hidupmu. Aku adalah anak yang sedang mendalami hidup dan ini adalah pelajaran yang aku terima," katanya.

Dia Tak Rewel di Backstage

Tak seperti musisi papan atas yang selalu memiliki daftar permintaan yang harus disediakan organizer untuknya di belakang panggung, Bruno Mars bukan sosok yang ribet. Ketika tampil dalam 'Carpool Karaoke', sebuah segmen dalan The Late Late Show with James Corden, Mars mengungkapkan beberapa hal yang wajib ada di ruang gantinya. "Alkohol, air, dan ...tisu basah."

(Foto: Instagram/@brunomars)

Corden yang tak percaya kemudian bertanya, "Hanya itu? Wine dan tisu basah?" Mars kemudian berseleroh, "Ya hanya itu... Itu album baruku...wine dan tisu basah."

1
9

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini