nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KELEWAT BATAS! Ulah Para Sasaeng Ini Membuat Geram Para Idol K-Pop

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Selasa 19 September 2017 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 19 205 1778977 kelewat-batas-ulah-para-sasaeng-ini-membuat-geram-para-idol-k-pop-LqWvHuazT2.jpg Ailee. (Foto: IST)

SEOUL - Pada 16 September 2017, Ailee mengungkapkan kekesalannya, atas aksi para sasaeng melalui Instagram. Bersama screenshot balasan sebuah pesan pendek yang dikirimkan penyanyi 28 tahun itu kepada penggemar fanatiknya itu, Ailee menuliskan, "Aku marah, GERAM!

Bersama unggahannya, pelantun Don't Touch Me itu menuliskan, "Orang-orang menelfonku di pagi buta dan bertanya apakah benar aku Ailee. Apakah kau mau aku menyebarkan nomor telfonmu dan kemudian orang-orang yang tak kau kenal mulai menelfonmu?"

Unggahan itu dirilis Ailee pukul 01.15 KST waktu setempat, setelah sejumlah penggemar sasaeng menelfonnya di tengah malam. Di Korea Selatan, istilah sasaeng diberikan kepada penggemar yang memiliki obsesi berlebih kepada para idol K-pop atau public figure.

Rasa obsesi itu acapkali dilampiaskan dengan cara menguntit atau melakukan hal ekstrem lain yang membuat para pesohor itu kehilangan privasi, bahkan terlibat masalah. Tak hanya Ailee, para idol berikut ini juga pernah berurusan dengan ulah konyol para sasaeng yang membuat mereka geram. Siapa saja? Simak nukilannya berikut ini.

Baca juga:

MUSIC FACT: Sebelum G-Dragon, Tiga Musisi Korsel Ini Lebih Dahulu Rilis Album USB
 

Dituduh Melakukan Pelecehan, Anggota Wanna One Laporkan Netizen ke Polisi

 Choi Siwon Kembali Gunakan Medsos, Dua Hari Setelah Rampung Wamil

Cerita Heechul Super Junior tentang "Kejamnya" Dunia K-Pop

 

Kim Heechul

Cerita tentang sasaeng lainnya, dikoleksi oleh personel Super Junior lainnya, Kim Heechul. Saat menjadi bintang tamu dalam program Taxi yang ditayangkan tvN pada 22 November 2016, Heechul menegaskan, dia tak menganggap sasaeng sebagai penggemarnya. "Aku tak menambah kata 'penggemar' saat menyebut sasaeng. Mereka bukanlah penggemar," katanya.

Dia menambahkan, "Dulu, sasaeng memaksa masuk ke toilet ketika aku buang air kecil menggunakan urinal. Itu pengalaman yang sangat mengerikan. Saking traumanya, sekarang aku memastikan untuk mengunci pintu kamar mandi dan hanya menggunakan toilet duduk."

Jauh sebelum kejadian itu terjadi, Heechul juga memikili pengalaman tak mengenakkan dengan sasaeng. Medio Juli 2012, dia menutup akun Twitter pribadinya, @Heedictator, setelah mengunggah sebuah cuitan tentang sasaeng.

Dia menulis, "Tolong jangan mengikutiku ke rumah atau kantor. Saya masih merasakan efek setelah kecelakaan (kakinya patah dalam kecelakaan mobil karena mencoba lari dari kejaran sasaeng). Saya tahu ini terdengar sombong dan saya tahu sebagian orang mungkin akan kecewa, tapi saya hanya memiliki satu kehidupan. Ini salahku karena tidak bisa lebih mengerti."

Baekhyun EXO

Selain dua personel Super Junior di atas, EXO adalah grup idol yang tak lepas dari kejaran para sasaeng. Pertengahan Juni 2017, saat Baekhyun menghadiri workshop yang digelar SM Entertainment di Pulau Jeju, meminta sasaeng fans untuk menghargai privasinya.

"Aku datang ke sini (Pulau Jeju) untuk menikmati liburan. Aku bahkan tak mengenakan riasan wajah. Karena itu aku pikir tidak benar kalian selalu mengambil gambarku. Saya sangat paham perhatian dan cinta kalian tapi bisakah kalian menahannya sedikit saja? Tolonglah," tulis Baekhyun melalui Instagram pada 20 Juni 2017.

Namun mungkin pengalaman terburuk Baekhyun dengan sasaeng adalah saat dia dan personel EXO lainnya harus bernyanyi di pernikahan kakak laki-lakinya pada 28 September 2013. Suasana yang awalnya tenang berubah menjadi ricuh karena sejumlah sasaeng -yang tak diketahui keberadaannya dalam pesta itu- naik ke atas kursi dan mulai mengabadikan penampilan EXO.

G-Dragon

Di kuntit hingga ke rumah dan membuat keluarga tak nyaman pernah dialami leader BIGBANG, G-Dragon sekitar tahun 2013. Saking kesalnya dengan ulah sasaeng tersebut, dia sampai curhat di Twitter. “Beberapa hari terakhir sejumlah remaja datang ke rumahku. Aku mengerti (cinta kalian) tapi menginjakkan kaki ke depan pintu rumahku itu berlebihan," tulisnya.

Dia menambahkan, "Ibu dan kakak perempuanku kerap kali terkejut ketika melihat mereka datang di malam hari dan berkunpul di depan pintu rumahku. Jangan bersembunyi di dekat rumahku dan tolong jangan mendatangi rumahku."

Kalau Anda pikir itu cukup, tahan dulu. Serupa dengan Siwon, akun Instagram pribadi G-Dragon juga pernah diretas yang membuat foto-fotonya bersama Nana Komatsu, menjadi kosumsi publik. Isu pacaran pun merebak di media daring. Melalui Instagram, dia mengunggah foto seorang pria dengan perban di seluruh wajahnya dengan caption: “Aku tak tahan dengan mereka”.

WANNA ONE

Grup idol Korea lainnya yang dekat dengan aksi anarkis para sasaeng adalah WANNA ONE. Pada Juli 2017, sasaeng membuat kerusuhan saat para idolanya itu harus syuting Weekly Idol di studio MBC di Chungdam, Seoul.

Melansir Allkpop, para sasaeng itu tak hanya berdiri di sebuah toko di luar studio namun juga memenuhi trotoar hingga meringsek masuk ke lobi studio. Sebagian lagi berteduh di kafe terdekat tanpa memesan minuman. Seorang pegawai kafe mengatakan, bahwa kerumunan penggemar mulai terlihat sekitar pukul 07.00 KST.

Pegawai itu menjelaskan, kondisi saat itu sangat tidak terkontrol, dan membuat pelanggan kafe tak nyaman. Untuk mengamankan situasi, perwakilan Weekly Idol terpaksa memanggil polisi. Kondisi itu membuat YMC Entertainment, selaku agensi WANNA ONE, juga meminta sasaeng fans untuk membubarkan diri.

Tak hanya karena aksi mereka menggangu kenyamanan publik namun agensi itu khawatir akan keselamatan penggemar yang menunggu di bawah cuaca panas.

Ok Taecyeon

Kisah mengerikan lain tentang sasaeng dialami oleh Ok Taecyeon pada November 2009. Kala itu, seorang sasaeng mengirimi Taecyeon catatan berdarah yang diambil dari darah menstruasi. Gilanya, dia menaburi catatan itu dengan sejumlah bulu kemaluan.

Aku dedikasikan tulisan ini untuk Taecyeon yang diambil dari darah mestruasiku. Kau tak bisa hidup tanpaku,” tulisnya.

Awalnya, netizen tak percaya dengan klaim sang sasaeng. Namun untuk membuktikan keabsahan catatan itu, dia mengunggah gambar pembalut penuh darah ke Internet. Unggahan terakhirnya itu kemudian mendapat kecaman warganet yang membuat sasaeng itu akhirnya merilis permintaan maaf.

Aku minta maaf. Aku meminta maaf karena telah menganggu Taecyeon dan penggemarnya. Aku bukanlah sasaeng. Aku hanyalah penggemar yang terlalu terobsesi dengannya.”

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini