nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cover Lagu Despacito, Maria Pratiwi Buktikan Harpa Tak Hanya untuk Musik Klasik

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 00:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 15 205 1777009 cover-lagu-despacito-maria-pratiwi-buktikan-harpa-tak-hanya-untuk-musik-klasik-j2j54HXboH.jpg Maria Pratiwi saat Meng-Cover Lagu Despacito (foto: Youtube/Maria Pratiwi)

JAKARTA - Siapa bilang alat musik harpa hanya untuk musik klasik saja? Harpist terkemuka di kancah internasional, Maria Pratiwi berhasil mematahkan kepercayaan tersebut melalui karya terbarunya.

Karya tersebut adalah Despacito yang diaransemen tunggal, dengan salah satu alat andalannya yaitu harpa elektrik kecil. Terlihat di video unggahannya di Youtube, belum lama ini, ia berhasil menunjukkan bahwa harpa dapat dimainkan di berbagai macam genre.

(Baca Juga: Ya Ampun, Rita Ora Dengarkan Lagu Despacito hingga 20 Juta Kali)

Melalui keterangan video, Maria menilai bahwa karyanya itu bisa juga dinikmati di berbagai suasana. “Aku memainkan (Despacito) di acara-acara, media gathering, dan bahkan di pernikahan! A hip song indeed! ❤️” tulis Maria.

Sementara itu, Okezone berhasil menemui Maria dalam sebuah wawancara di MNC News Center, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Murid Indonesia satu-satunya dari harpist terkenal Deborah Henson-Conant itu menjelaskan bahwa cover Despacito memang dimaksudkan untuk membuktikan bahwa genre yang jauh berbeda sekalipun, seperti klasik dan EDM, dapat dikawinkan.

(Baca Juga: Heboh Lagu Despacito, Luis Fonsi: Lagu Itu Diciptakan dari Mimpiku)

Ia menyebut karyanya itu tidak jauh dari Youtuber terkenal lain, yaitu cellist/pianis The Piano Guys dan pemain violin Lindsey Stirling.

“Fokus aku kayak Lindsey Stirling sama The Piano Guys, disebutnya crossover. Aku juga di crossover, basic-nya klasik, terus udah gitu dari teknik klasik itu aku mainkan ke lagu-lagu pop, jazz, EDM gitu. Biar orang bisa lihat “oh suara harpa bisa diginiin”. Enggak cuma monoton gitu doang, dan dia bisa berdiri sendiri sebagai instrumen solo, ga musti diiringi, atau mengiringi doang,” ucap Maria.

(Baca Juga: 6 bulan Tembus 2 Miliar Viewers Youtube, Despacito Siap Geser Video See You Again Milik Wiz Khalifa ft Charlie Puth)

Bagi Maria, hal itu juga berguna untuk memperkenalkan musik klasik kepada masyarakat Indonesia. Meskipun lagu yang diciptakannya bergenre pop, namun permainannya menggunakan teknik musik klasik sehingga menarik masyarakat untuk juga mempelajari genre tersebut.

“Aku pikir harpa kenapa enggak bisa digituin? Toh harpa sekarang ada jenisnya macem-macem dan ketersediaan efek dan segala macem yang ada di dunia ini bisa digunakan kalo kita tau yang pas. Yang penting lagunya enak aja, padahal orang enggak tahu teknik dia di belakangnya kayak apa. Habis dari itu, orang jadi impress, mau enggak mau kan orang dengerin kita ya. Terus dari situ kita baru gain followers ya dari situ,” tutupnya.

(Baca Juga: Lirik Tak Senonoh, Pemerintah Malaysia Larang Pemutaran Despacito)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini