Image

Meski Tak Muda Lagi, Ian Antono Tetap Latihan Gitar 5 Jam Sehari

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 22:30 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 14 205 1775888 meski tak muda lagi ian antono tetap latihan gitar 5 jam sehari uKRCAsV1N0.jpg Ian Antono (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Grup musik God Bless sudah hampir 44 tahun berkecimpung di industri musik Tanah Air. Band yang digawangi oleh Ahmad Albar, Ian Antono, Donny Fattah, dan Abadi Soesman tersebut memulai karier mereka sejak tahun 1970-an.

Seiring bertambahnya umur, Ian Antono merasakan bahwa kondisi fisiknya saat ini sudah mulai menurun. Meskipun demikian, ia tetap menjaga kemampuan memainkan gitarnya dengan latihan rutin selama lima jam sehari.

(Baca Juga: Jadi Pembuka Konser Dream Theater di Yogya, God Bless Usung Lagu Etnik)

(Baca Juga: Tak Tanggung-Tanggung, Citra Scholastika Ingin Wujudkan Konser Tunggal Penuh Haru)

"Kalau gitar sekarang minimal lima jam itu kita harus pegang. Dari bangun pagi sejam, entar siang sejam lagi, sebelum tidur juga. Di luar latihan lho ya itu. Kalau gak begitu nanti kaku," kata Ian saat ditemui di Kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Tak hanya harus menjaga refleks, Ian juga harus menjaga stamina agar penampilan di atas panggung tetap optimal. Biasanya untuk menjaga stamina dan nafas ia pergi membawa anjingnya berjalan-jalan di sekitaran rumah.

Tak bisa dipungkiri, Ian Antono mengaku sudah mulai sering lupa dengan notasi gitar. Ia pun harus selalu bisa menjaga fokusnya agar tak lupa saat sedang di atas panggung.

(Baca Juga: Tergila-Gila, DJ Yasmin Impikan Kolaborasi dengan Calvin Harris)

"(Sekarang) gampang lupa. Yang bahaya ya itu sering lupa makanya harus tetap fokus. Apalagi kalau interlude yang susah-susah, kalau yang gampang-gampang sih aman," tambahnya.

Sekadar diketahui, Ian Antono dan God Bless akan tampil dalam acara JogjaROCKarta: International Rock Music pada tanggal 29-30 September mendatang. Mereka akan menjadi band pembuka dari Dream Theater di acara tersebut.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini