Share

Keren, Royalti Metallica Dimanfaatkan Keluarga Almarhum Cliff Burton untuk Beasiswa Musik

Dewanto Kironoputro, Okezone · Sabtu 12 Agustus 2017 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 12 205 1754573 keren-royalti-metallica-dimanfaatkan-keluarga-almarhum-cliff-burton-untuk-beasiswa-musik-cm9IE4gj8h.jpg Cliff Burton (Foto: Ist)

LOS ANGELES - Meski telah meninggal dunia, nama mantan bassist Metallica, Cliff Burton rupanya masih harum. Yang mengejutkan, hal itu terjadi karena usaha yang dilakukan secara aktif oleh sang ayah, Ray Burton, yang sudah sangat tua.

(Baca Juga: Rusuh, Pria Iseng Kencingi 1 Keluarga di Konser Metallica)

(Baca Juga: Kendalynn, Gadis Kecil Ini Diangkat Jadi Tamu Kehormatan di Konser Metallica)

Dilansir Loudwire dari podcast bertajuk Alphabetallica, Ray mengungkap bahwa ia menggunakan sebagian royalti dari karya-karya Cliff, melalui Metallica, untuk memberikan beasiswa pelajaran musik untuk siswa di Castro Valley High School, tempat Cliff bersekolah.

Ray mengaku memang sengaja memberikan beasiswa untuk menghidupkan terus nama Cliff. Alasannya, tindakannya itu dinilai sesuai dengan keinginan Cliff jikalau anaknya itu masih hidup.

(Baca Juga: James Hetfield Ungkap Rahasia Kompak Metallica)

(Baca Juga: Metallica Bawakan Lagu Confusion untuk Pertama Kalinya)

β€œ(Dari) sebagian royalti yang kudapatkan (dari karya-karya Cliff), aku beri beasiswa ke SMA tempatnya belajar dulu, untuk musik. Dan kurasa Cliff mungkin juga akan melakukan hal yang sama dengan uangnya, karena dia bukannya tidak mendukung pendidikan, (justru) Dia sangat menyukainya,” ucap Ray.

β€œDia orang yang cukup tulus. Dia tidak terlalu suka menyombongkan diri layaknya musisi rock n roll yang baru tenar. Dia hanya suka bermain heavy metal dengan liar. Dia tidak pernah berubah,” tambahnya.

Semenjak meninggal dunia karena tabrakan bus pada 27 September 1986, royalti untuk karya-karya Cliff memang diberikan kepada pihak keluarga. Tentunya, Ray tak perlu khawatir soal nominal uang, mengingat seluruh karya Metallica bersama Cliff termasuk karya-karya terlaris band yang kini digawangi James Hetfield, Kirk Hammett, Robert Trujillo, dan Lars Ulrick tersebut. Sebut saja beberapa album, misalnya Kill Em All, Ride the Lightning, dan karya terbesar Metallica, Master of Puppets.

Menurut pemaparan Ray (92), beasiswa itu sudah membantu banyak pihak. Ia mengklaim sering menerima surat ucapan terima kasih dari anak-anak yang mendapatkan beasiswa darinya.

Sementara itu, Ray juga tidak memutus hubungan dengan James Hetfield cs. Berbagai foto yang tersebar di media sosial menunjukkan bahwa Ray masih sering menghadiri konser-konser band yang sempat diramaikan anaknya tersebut, meskipun sudah sangat tua. Kehadirannya pun diketahui Metallica, terbukti melalui salah satu fotonya bersama James Hetfield. Ia juga masih rajin menghadiri berbagai acara konser metal, seperti konser Metal Allegiance yang digelar di awal 2017.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini