nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

I LOVE RCTI 28: Ahmad Dhani Ceritakan Alotnya Proses Pembentukan Dewa 19

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 01:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 11 598 1753752 i-love-rcti-28-ahmad-dhani-ceritakan-alotnya-proses-pembentukan-dewa-19-vwNrmXhEJ7.jpg Dewa 19 feat Ari Lasso (Foto: Twitter RCTI)

JAKARTA - Formasi awal Dewa 19 rupanya tidak terbentuk dengan mudah. Jika menuruti pernyataan Ahmad Dhani segmen kedua panggung perayaan ulang tahun ke-28 RCTI #ILOVERCTI 28 yang digelar di kawasan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis 10 Agustus 2017, maka setidaknya dibutuhkan dua tahun yang alot agar band legendaris tersebut bisa terbentuk.

(Baca Juga: I LOVE RCTI 28: Kolaborasi Ari Lasso dan Dewa 19, Siti Nurbaya Jadi Pembuka)

(Baca Juga: Meriahnya Perayaan Konser I Love RCTI 28, Dewa 19 Jadi Primadona)

Penyebab utamanya adalah perbedaan selera musik Ari Lasso dengan teman-teman satu SMA-nya, Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan, yang ketika itu sudah jadi personel band bernama Down Beat. Menurut Dhani, Down Beat cenderung bernuansa jazz, sedangkan Ari ingin membentuk band yang murni bersuara rock. Karenanya, Dhani sempat menolak ajakan Ari untuk bermusik bersama.

(Baca Juga: Tangled the Series Versi Bahasa Indonesia Hadir di RCTI)

(Baca Juga: Kota Malang Jadi Saksi Reuni Personel Dewa 19)

Meski begitu, Dhani mulai menggeluti genre rock ketika memasuki kelas 3 SMA. Sayangnya, hal itu tidak menghilangkan perbedaan selera musiknya dengan Ari. Pasalnya, referensi rock Dhani berbeda dengan selera rock Ari. Kali itu, Ari yang harus mengikuti keinginan Dhani. Akhirnya, mereka membentuk Dewa 19 setelah Ari berhasil menyanyikan salah satu lagu favorit Dhani.

“Dulu bandnya Ari Lasso itu genrenya rock, band saya sama Andra dulu jazz. Waktu itu Ari Lasso penggemar Bon Jovi berat. jadi Ari rock-nya enggak seperti rock-nya saya, saya ngebandnya enggak kayak Bon Jovi. Kelas 3 SMA, di SMA Negeri 2 Surabaya, saya suka rock, tapi yang Toto, Chicago, gitu,” ungkap Dhani.

“Terus Ari berhasil nyanyi lagu Hard to Say I’m Sorry-nya Chicago. Dua tahun akhirnya punya kesamaan dalam selera,” tambah Dhani.

Ari diketahui masuk belakangan sebagai personel Dewa 19, karena Dewa dibentuk ketika Dhani dan Andra masih duduk di bangku SMP. Sebelum prototipe Dewa (yang kemudian menjadi Down Beat, lalu Dewa 19) terbentuk, Dhani sempat membentuk band bernama Mol dengan Andra. Nama Mol sendiri mengacu kepada nama guru seni musik di sekolah mereka, yang dipanggil Pak Mul.

Sementara itu, lagu-lagu Dewa 19 tetap dibawakan di segmen tersebut. Berbeda dengan segmen pembuka, kali ini dua artis sekaligus yang berkolaborasi dengan Dewa 19. Lagu pertama yang ditampilkan adalah Kangen, yang dinyanyikan Ari Lasso dan Fatin Shidqia dengan syahdu. Sementara itu, lagu kedua yang dinyanyikan adalah Kamulah Satu-Satunya, yang dinyanyikan Ari Lasso dan Judika dengan nuansa upbeat dan bersemangat.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini