nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalami Karakter Jopi di 3 Jolay, Fauzan Nasrul Pulang Kampung Halaman

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 27 598 1745278 dalami-karakter-jopi-di-3-jolay-fauzan-nasrul-pulang-kampung-halaman-ruYMBZb5Xh.jpg Fauzan Nasrul (Foto: Instagram)

JAKARTA - Fauzan Nasrul membiasakan diri menggunakan Bahasa Padang untuk perannya sebagai Jopi dalam sinetron 3 Jolay. Rupanya ia kembali bertemu dengan orang-orang yang biasa menggunakan Bahasa Padang sehari-harinya, termasuk teman-temannya yang tinggal di kota tersebut.

Maka, pria berdarah Padang berusia 26 tahun tersebut kembali ke kampung halamannya untuk mempelajari gerak-gerik orang Padang dalam berbicara.

(Baca Juga: Aktivitas Vicky Saat Break Syuting 3 Jolay)

(Baca Juga: Demi Peran di 3 Jolay, Mas Cemen Nguping Orangtua saat Bermesraan)

”Buat mendalami karakternya (Jopi), kebetulan bokap gua orang Padang. Jadi gua sempat balik ke Padang, ketemu temen-temen gua, terus gua pelajari gaya-gaya mereka yang alay, gue pelajarin satu persatu cara ngomongnya,” papar Fauzan ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2017).

Hal itu dilakukannya karena belum biasa berbicara dalam Bahasa Padang. Wajar, sinetron 3 Jolay menjadi panggung pertamanya untuk menghadirkan Bahasa Padang dalam perannya. Sebelumnya, ia hanya memerankan tokoh berdarah Jawa, Sunda, atau Betawi.

(Baca Juga: 3 Jomblo Alay Bakal Mengocok Perut Penonton, Catat Tanggal Tayangnya)

Tak mau kalah dengan Vicky Nitinegoro dengan Bahasa Betawinya, ia pun ingin memasukkan kata-kata tak lazim didengar dalam Bahasa Padang. Kini, ia dapat mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan ketika mencoba berbicara dalam Bahasa Padang.

”Gua baru tahu, ternyata orang Padang ada bahasanya pecahan beling, namanya cang kaco. Orang Padang asli aja enggak tahu cang kaco apaan. Kadang kan ada orang sok-sokan,”Da, berapo Da?” Sebenernya kalau orang Padang kan,”Da, bara Da?” kayak gitu-gitu lah. Gua memperdalam Bahasa Padang yang kurang familiar didengar semua orang. Ya kayak Bang Vicky kan,” ucap Fauzan.

Sementara itu, ada makna tertentu di balik nama tokoh Jopi yang diperankan Fauzan. Sesuai dengan wataknya dalam sinetron itu, Jopi berarti ”jomblo pintar”, tokoh yang penuh akal. Ia datang dari Padang untuk mencari kembarannya yang ikut dengan ibunya dan mengikuti sebuah audisi dangdut untuk menjadi artis. Namun, ia ditangkap Satpol PP dan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) ketika bertemu dengan pamannya di Jakarta.

Di RSJ, ia bertemu dengan Jono (komika Mas Cemen) dan Jodi (Vicky Nitinegoro), dua tokoh utama lain dalam film. Rencananya untuk kabur dari RSJ gagal, namun mereka akhirnya dibebaskan karena tindakan terpuji yang pernah dilakukan Jodi. Tokohnya akan dipasangkan dengan pemeran wanita Beby Regitia, yang memerankan tokoh Susan.

Kira-kira kenapa ya Jopi ditangkap Satpol PP? Apa usaha Jopi membebaskan diri dari RSJ? Jawabannya tentu saja ada di sinetron 3 Jolay, tayang setiap Senin hingga Jumat di MNCTV, mulai Senin 31 Juli 2017 pukul 19.30 WIB.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini