nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Peran di 3 Jolay, Mas Cemen Nguping Orangtua saat Bermesraan

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 27 598 1745212 demi-peran-di-3-jolay-mas-cemen-nguping-orangtua-saat-bermesraan-PhqDl6PM63.jpg Para pemain sinetron 3 Jolay (Foto: Dudit/Okezone)

JAKARTA - Meskipun berdarah asli Brebes, komika Mas Cemen rupanya sangat kesulitan ketika memerankan tokoh Jono dalam sinetron komedi terbaru MNCTV, 3 Jolay. Tokoh berdarah Tegal itu membuatnya harus belajar lagi bahasa ngapak asli kampungnya tersebut.

Pasalnya, ia tinggal lama di Cikarang, Jawa Barat, dan tidak pernah diharuskan menggunakan Bahasa Jawa ngapak. Namun, cara belajar Cemen terbilang unik.

“Kalau gue sih sulit, karena gue tuh aslinya Brebes, tapi kan gue lama tinggal di Cikarang. Jadi untuk bisa belajar bahasa ngapak kayak dari Tegal dan Brebes itu gue butuh belajar sama Emak gue, sama Bapak gue. Kalau lagi mesra-mesraan, Emak sama Bapak gue pakai Bahasa Jawa nih yang sulit dimengerti anaknya. Jadi gue nguping nih cara ngomong mereka, gitu-gitu,” ungkap Cemen di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2017).

Karena itu, ia seperti belajar bahasa baru. Meski sudah mendengarkan ngapak sejak kecil, Cemen menilai mendengar sangat berbeda dengan mempraktikkan bahasa itu, terlebih untuk sinetron 3 Jolay. Tak ayal, tokoh Jono sangat berbeda dengan kehidupan Cemen sehari-hari.

“Aktif belajarnya dari kecil sih udah belajar. Kalau di rumah denger terus, tapi sulit untuk diucapkan. Ngerti bahasanya, tapi kalau untuk pelafalan tuh kadang-kadang susah,” ucap Cemen.

Tokoh Jono yang diperankan Cemen adalah seorang asli Tegal yang datang ke Jakarta dengan ambisi untuk menjadi Presiden Republik Indonesia. Ia langsung saja memutuskan pergi ke Jakarta setelah diajak temannya yang bernama Ardi untuk bergabung menjadi anggota DPR.

Ketika itu, Jono tak dapat berpikir lurus karena baru saja patah hati ditolak mentah-mentah oleh pujaan hatinya. Ketika belakangan mengetahui DPR yang dimaksud Ardi adalah Di bawah Pohon Rindang, ia ditangkap Satpol PP karena dianggap gila dan dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Di RSJ, ia bertemu dua tokoh utama lainnya yaitu Jodi (Vicky Nitinegoro) dan Jopi (Fauzan Nasrul).

Peran wanita yang akan dipasangkan dengan Jono adalah tokoh Susan yang diperankan Sahila Hisyam. Aksi mereka selanjutnya dapat disaksikan setiap Senin sampai Jumat pukul 19.30 WIB, mulai 31 Juli 2017 di MNCTV.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini