Image

Biasa Ngerock, Zai Terbebani Melayu ST12

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 16:41 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 02 16 205 1620275 biasa ngerock zai terbebani melayu st12 R71ED4idlW.jpg ST12 (Foto: Dewanto/Okezone)

JAKARTA – Masuk menjadi vokalis baru ST12 membuka dunia baru bagi karir menyanyi Zai. Bagaimana tidak, Zai yang biasa menyanyi rock baru mempelajari musik Melayu setelah direkrut sebagai vokalis.

Tentunya, Zai ragu ihwal kecocokannya dengan genre Melayu. Apalagi Zai harus berhadapan dengan imej ST12 yang masih sangat erat dengan Charly.

Dalam wawancara eksklusif dengan Okezone di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini, Zai mengungkap hal itu merupakan beban yang besar.

“Di balik senangnya itu ada satu beban. Soalnya gue harus bisa mempertahankan garis besar ST12 itu Melayu-nya. Nge-blend dengan karakter vokal gue dan harus memunculkan image bahwa ini ST12, bukan Charly. Sebenarnya ini beban besar ya, karena gue pun baru memperdalam melayu pas gue masuk ST12,” papar Zai.

Namun, Zai menganggap belajar musik Melayu di ST12 merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Menurut Zai, masuk ST12 merupakan momen “naik kelas” untuknya.

Perlakuan Pepep dan Indra pun membuatnya nyaman sehingga suasana tetap santai. Namun, tidak berarti bahwa tidak ada kesulitan baginya mempelajari genre baru tersebut.

“Secara teknik, sebenarnya (kesulitannya) enggak di teknik pita suara, tapi di rasa. Kalau teknik, semua orang bisa. Tapi kalo rasa enggak tentu. Melayu itu pesan dari lagu musti sampai. Mengalunnya nada harus sampai, dan bukan cengkok, jadi belajar di situ saja,” ungkap Zai.

Zai juga memahami bahwa ST12 seringkali mengganti vokalisnya, dan Zai adalah vokalis keempat. Mengenai prospek dirinya dapat bertahan di band top Melayu itu, Zai rupanya tidak berharap banyak. Baru merilis sebuah album, Zai rupanya lebih ingin memikirkan kesuksesan album dan tampil dengan baik.

“Akhirnya jadinya vokalis ST12 kaget juga, enggak nyangka. Tapi sudah jalan, sekarang gimana caranya gue lebih banyak belajar supaya bisa bawa lagi ST12 kayak dulu. Setidaknya untuk fase 1 album ini gue berhasil dulu deh, enggak ada pemikiran harus lanjut album berikutnya. Itu lewatin aja dulu, kalau bisa bawa ST dengan baik juga enggak menutup kemungkinan bisa lanjut,” tutup Zai.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini