Image

Ini Alasan ST12 Pertahankan Musik Melayu

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 21:00 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 02 17 205 1621535 ini alasan st12 pertahankan musik melayu nTWurSUDMW.jpg ST12 (Foto: Okezone)

JAKARTAST12 ingin mempertahankan nuansa Melayu di tengah-tengah tren musik Indonesia yang berjalan ke arah lain. Namun, ST12 tidak diam dan berusaha membuatnya tetap up-to-date.

Ditemui di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini, Pepep dan Indra membeberkan strateginya agar musik Melayu tetap relevan di kalangan penikmat musik Indonesia, yaitu mengawinkan Melayu dengan genre lain, sesuai dengan tren dan karakter suara vokalisnya.

Hal tersebut dilakukan ST12 untuk menghindari pengkotak-kotakkan musik. Jika vokalisnya memiliki suara rock, maka ST12 akan menyajikan musik Melayu dengan sentuhan rock, dan seterusnya. Pepep menambahkan, dirinya tidak memaksakan musik murni Melayu kepada vokalisnya.

“Kita punya konsep ingin lari dari pengkotak-kotakkan musik, pengen lebih mengembangkan konsep Melayu ini menjadi tidak konvensional. Misalnya vokalis gue Vidi, dan misalnya era 2017 musiknya rock, masa Vidi mau gue perkosa untuk nyanyi rock? Kan enggak mungkin, karena setiap orang punya karakter dan pada domaninnya masing-masing. Kalo gue yang bisa berganti, artinya gue bisa membawa konsep Melayu ini pada genre apapun,” tutur Pepep.

Indra menambahkan, dirinya ingin ST12 menghilangkan kesan bahwa Melayu sudah ketinggalan zaman. Di sisi lain, Indra percaya musik Melayu akan selalu diterima masyarakat Indonesia jika terus dikembangkan. Salah satunya dengan membuat musik Melayu up-to-date.

“Kemanapun kita pergi di Indonesia Melayu ga akan pernah hilang. Nah, makanya gimana caranya agar Melayu bisa selalu up-to-date. Di situ kita berpikir bahwa Melayu ini harus kita kemas dengan sesuatu yang beda. Kebanyakan orang kan mikirnya Melayu sudah ketinggalan zaman, udah ga pernah didengerin anak muda, dan lain-lain, makanya di sini kita kemas agar bisa dinikmati anak muda dan selalu update sama perkembangan musik zaman sekarang,” tambah Indra.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini