Sting Tampil di Paris Setahun Paska Serangan Teroris

ant, Jurnalis · Minggu 13 November 2016 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 13 205 1540413 sting-tampil-di-paris-setahun-paska-serangan-teroris-fszq8cqnYr.jpg (Foto: Foxnews)

PARIS - Bintang rock Sting menggelar konser di gedung musik Bataclan Paris, Sabtu waktu setempat, untuk menandai dibukanya kembali tempat itu setahun setelah serangan teroris yang menewaskan 90 orang.

Sting, yang menggawangi group pop populer The Police sebelum karir solo yang panjang, membuka pertunjukan emosional itu dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Ia mengatakan kepada kerumunan penonton, "Kami tidak akan melupakan mereka".

"Malam ini kita memiliki dua tugas yang harus dicapai: pertama untuk mengingat mereka yang kehilangan nyawa mereka dalam serangan itu, dan kemudian untuk merayakan kehidupan dan musik di tempat bersejarah ini," katanya.

Pada 13 November 2015, para penyerang menerobos masuk ke aula utama dan melepaskan tembakan senjata otomatis ke kerumunan saat band rock California Eagles of Death Metal tampil di panggung.

Selama serangan panjang lebih dari dua jam, para penyerang mengeksekusi beberapa korban dan menyandera sejumlah yang lain.

Serangan itu berakhir setelah satu teroris ditembak mati dan dua lainnya bunuh diri dengan meledakkan rompi peledak. Dalam serangan terkoordinasi malam itu, orang-orang bersenjata lainnya dan pelaku bom bunuh diri menargetkan stadion sepak bola dan beberapa kafe di Paris.

Dalam semua serangan itu, jatuh korban 130 orang. Adrien, yang selamat dari serangan Bataclan namun kehilangan dua teman malam itu, mengatakan, "Ini adalah tugas saya untuk datang, untuk mengingat mereka yang meninggal di sini."

Saat gedung konser itu beranjak kosong, seorang penonton lain mengatakan, "Malam ini indah. Dia menghidupkan tempat ini dan kami melupakan ketakutan kami."

Hasil konser di Bataclan akan diserahkan ke dua badan amal yang membantu korban yang selamat dari serangan Paris. "Hidup Bataclan," kata Sting sambil meninggalkan panggung.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini