Share

Movie Review: Italo Bracco, Anjing Pintar Sahabat Meno

Ady Prawira Riandi, Okezone · Kamis 21 April 2016 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 21 206 1369359 movie-review-italo-bracco-anjing-pintar-sahabat-meno-68GKjY9Jr1.jpg Italo Brocco (Foto: Static Coolconnection)

JAKARTA – Cerita persahabatan antara anak manusia dan seekor anjing selalu menarik untuk ditonton. Diangkat dari sebuah kisah nyata di kota kecil di Sisilia bernama, Scicli, Alessia Scarso sang sutradara berhasil membawakan cerita persahabatan seorang anak manusia dan seekor anjing ke dalam tontonan yang ringan untuk dinikmati.

Singkat cerita, hidup seorang anak bernama Meno (Vicenzo Lauretta) yang terkesan pendiam dan kesepian. Hidupnya terasa berjalan membosankan, terlebih ayahnya adalah seorang pekerja keras. Sementara, ibunya telah tiada. Meno tidak memiliki teman di sekolahnya dan menjadi bahan bully-an oleh Paolo (Matteo Korreshi).

Di satu hari, seekor anjing pintar bernama Italo melintas ke daerah kecil tersebut. Ia secara tidak sengaja dipertemukan dengan Meno yang selalu merasa kesepian. Ia pun akhirnya berteman baik dengan Italo dan membawanya pulang ke rumahnya.

Di satu sisi, kehidupan Meno berubah dari pendiam menjadi lebih berwarna dengan kehadiran Italo, namun di sisi lain desa Scicli tidak memperkenankan anjing hidup bebas berkeliaran.

Untungnya, Italo adalah salah satu anjing pintar yang sering membantu kehidupan di desa tersebut. Selain terkadang menjadi tour guide bagi para turis yang datang, Italo juga selalu hadir dalam acara pernikahan ataupun penghormatan kematian seseorang di gereja.

Tak membutuhkan waktu lama bagi Italo untuk menjadi ikon dari desa tersebut. Ia menjadi alasan anjing bebas berkeliaran di desa Scicli pada masa itu.

Industri perfilman Italia memang terkenal dalam membuat film untuk dinikmati anak-anak dan keluarga. Film ini sekaligus membuktikan bahwa kualitas film-film Eropa, khususnya Italia, tidak kalah dari Hollywood.

Memiliki alur cerita yang ringan dan mudah untuk dimengerti. Nuansa arsitektur bangunan-bangunan Italia yang indah, dan sedikit bumbu drama rasanya akan dapat dengan mudah masuk ke dalam hati para penikmat film di Indonesia.

Film keluaran tahun 2014 ini akan diputar di acara Europe on Screen 2016 yang akan digelar dari mulai tanggal 29 April sampai 8 Mei 2016 di enam kota besar di Indonesia. Untuk di Jakarta, jadwal pemutaran Italo Bracco adalah pada hari Sabtu, 30 April 2016 pukul 12.00 di Erasmus Huis dan pada Sabtu 7 Mei 2016 pukul 12.00 di Goethe Haus.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini