Share

Movie Review: Long Live Freedom Tampilkan Dunia Politik yang Menggelitik

Ady Prawira Riandi, Okezone · Senin 02 Mei 2016 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 02 206 1378585 movie-review-long-live-freedom-tampilkan-dunia-politik-yang-menggelitik-4rdMRAgpAN.jpg Long Liver Freedom (Foto: Italianfilmfestival)

JAKARTA – Para penikmat film di Indonesia harus bersyukur dengan hadirnya Europe on Screen 2016 yang menghadirkan 78 film terbaik dari negara-negara Eropa. Ada begitu banyak film dari Eropa, yang bahkan tidak akan masuk ke bioskop-bioskop Tanah Air. Salah satunya adalah film Long Live Freedom (Viva la Liberta).

Film ini merupakan buah karya dari sutradara Italia Roberto Ando. Ia menghadirkan film bernuansakan politik namun dengan sentuhan drama dan komedi yang cukup menggelitik.

Alkisah, hidup seorang politisi dari partai oposisi bernama Enrico Oliveri yang kian hari kian menurun elektabilitasnya dalam polling menjelang pemilu. Tak tahan dengan tekanan berat yang didapatnya, Enrico memutuskan untuk melarikan diri dan menghilang begitu saja.

Hilangnya calon pemimpin dari partai oposisi tersebut memusingkan Andrea Bottini yang merupakan orang kepercayaan Enrico. Keadaan mendesak Andrea untuk memikirkan bagaimana cara menghadirkan Enrico yang menghilang. Akhirnya ia memutuskan untuk bertemu dengan saudara kembar Enrico yang bernama Giovanni Ernani.

Giovanni adalah seorang pemikir cerdas yang hidupnya berakhir di rumah sakit jiwa. Meski telah dibebaskan dari rumah sakit jiwa, Giovanni masih harus meminum beberapa obat untuk tetap sehat.

Pertaruhan Andrea menggantikan Enrico dengan Giovanni terbayar tuntas. Giovanni yang memiliki pemikiran terbuka berhasil merebut kepercayaan masyarakat dengan pidato-pidatonya yang inspiratif. Elektabilitas Enrico dalam polling pun meningkat tajam hanya dalam waktu beberapa minggu.

Namun dibalik semua kesuksesan kiprah Giovanni, Enrico belajar banyak tentang kehidupan dari masyarakat kecil dalam pelariannya. Ia sadar Giovanni telah membantu meningkatkan kembali popularitasnya sebagai politisi.

Kualitas akting Toni Servillo yang membintangi Enrico dan Giovanni benar-benar mengagumkan. Ia mampu dengan jelas menampilkan dua karakter yang berbeda. Sebagai Enrico, Toni menghadirkan sosok politisi serius yang tertekan oleh publik, memiliki gaya hidup menjenuhkan, dan tidak memiliki teman. Sementara saat menjadi Giovanni, tingkahnya berubah total. Ia menjadi sosok yang ceria, penuh canda, dan pandai merangkai kata.

Long Live Freedom menjadi salah satu film yang wajib Anda tonton dalam acara Europe on Screen 2016. Setelah menjadi film pembuka gelaran Europe on Screen, film ini akan kembali diputar di Goethe Haus pada tanggal 7 Mei mendatang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini