nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI Siap Polisikan Eyang Subur Jika Terbukti Sesat

Susi Fatimah, Jurnalis · Rabu 03 April 2013 16:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 04 03 33 785744 OHoSlyB5F8.jpg Adi Bing Slamet (foto: Edi Hidayat/Okezone)

JAKARTAMajelis Ulama Indonesia (MUI) membenarkan pihaknya telah membuat tim investigasi terkait dugaan ajaran sesat yang dilakukan Eyang Subur. Bahkan, pihaknya siap membawa masalah ini ke jalur hukum jika Eyang Subur terbukti sesat.

"Oh iya, sudah (bentuk tim investigasi). Kami bentuk tim investigasi untuk melakukan penelusuran yang namanya Tabayyun," ujar Ketua Bidang Perekonomian dan Produk Halal MUI, Amidhan, ditemui di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Hingga saat ini, lanjut Amidhan, pihaknya belum mengetahui apakah ajaran Eyang Subur sesat atau tidak. Namun, jika betul Eyang Subur memiliki istri lebih dari empat, dan mengambil istri orang lain, maka pihaknya akan meminta yang bersangkutan bertaubat.

"Kalau diputus sesat, disuruh dia taubat nanti. Kalau soal lain ada tindak pidana, ada penipuan itu bukan MUI, itu urusan polisi. Atas nama Islam kan, dan perilaku menyimpang kita akan lihat, dan putuskan. Dan kalau dia membandel, kita laporkan ke polisi," imbuhnya.

Untuk itu, Amidhan mengatakan, tim investigasi yang dibentuk nantinya bertugas menyelidiki laporan yang diadukan Adi Bing Slamet.

"Itu harus diselidiki. Ini laporannya begini, ini ada menyanggah, dan nanti kita bentuk tim teliti dan diselidiki, dan nanti dilaporkan. Kemudian dibahas di komisi fatwa MUI nanti," tutupnya.(gal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini