Share

Podcast Jero: Misteri Gua Belanda dan Arti Kata 'Lada'

Dennira Prifta Binantari, Okezone · Kamis 13 Oktober 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 598 2686612 podcast-jero-misteri-gua-belanda-dan-arti-kata-lada-CNdTjFCRdD.jpg Podcast Jero: Gua Belanda. (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Gua Belanda yang berlokasi di Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat memang lekat dengan kesan horor dan mistis. Hal ini lantaran ada kisah kelam dan tragis di balik pembangunan gua di era kolonial Belanda tersebut.

Masyarakat setempat, kerap mengalami sendiri fenomena ganjil di sekitar gua tersebut. Konon, ada satu kata yang haram disebutkan saat berkunjung ke gua ini. Kata itu adalah ‘lada’.

Bukan bumbu dapur, lada merupakan nama makhluk astral yang berada di tempat tersebut. Kabarnya, siapa saja yang mengucapkan kata itu saat menyambangi gua ini, bisa mengalami kesialan hingga kerasukan.

Podcast Jero Gua Belanda.

Gue ini awalnya didirikan Pemerintah Hindia Belanda sebagai markas militer untuk menghadapi invasi Jepang. Inilah yang membuat gua ini memiliki lima lorong, tiga koridor, hingga fasilitas kamar dan penjara.

Ia juga pernah difungsikan sebagai pembangkit listrik dengan memanfaatkan Sungai Cikapundung. Namun gue ini kembali dijadikan markas militer Perang Dunia II, sekitar tahun 1941.

Setelah masa kemerdekaan, tentara Indonesia menyimpan mesiu di dalam gua tersebut untuk melindungi diri dari serangan tentara sekutu. Tujuannya, untuk melindungi tentara asing seperti sekutu.

Meski kini Gua Belanda difungsikan sebagai destinasi wisata, namun kesan angker pada Gua Belanda membuatnya terlihat kotor dan dingin. Bahkan, banyak orang yang mendengar teriakan dari dalam gua.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Suasana dingin, lembab, dan pengap menambah aura mistis di dalam gua ini. Tidak terbayang bagaimana proses penggarapan gua ini di masa itu karena banyak warga pribumi yang disiksa hingga tewas karena lapar dan lelah.

Gua Belanda yang mistis dan lembab tempat juga menjadi ‘rumah’ bagi kawanan kelelawar. Karena itu, penting bagi Anda mengenakan alas kaki yang keras dan alat penerangan saat menyusuri gua ini.

Di dalam ini, ada Lorong Sel yang dijadikan tempat penyiksaan dan eksekusi mati alias ‘kebas kepala’. Di sana pula kerap terjadi penembakan hingga pemerkosaan. Penasaran dengan kisah lengkap Gua Belanda ini?

Pastikan Anda mendengarkan Podcast Jero yang akan membahas berbagai misteri Gua Belanda, pada 3 Oktober 2022, pukul 20.00 WIB. Unduh RCTI+ di App store dan Play Store sekarang!*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini