Share

Sinopsis The Woman King, Kisah Pasukan Elite Wanita di Afrika Barat

Sukainah Hijarani, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 206 2681288 sinopsis-the-woman-king-kisah-pasukan-elite-wanita-di-afrika-barat-ec08R4wMfm.jpg The Woman King (Foto: ist)

JAKARTA - The Woman King adalah film tentang Agojie, unit prajurit wanita yang melindungi kerajaan Dahomey di Afrika Barat selama abad ke-17 hingga ke-19. Film ini dibintangi Viola Davis sebagai seorang jenderal yang melatih generasi berikutnya untuk melawan musuh-musuh mereka.

Film ini disutradarai oleh Gina Prince-Bythewood dan ditulis oleh Dana Stevens, berdasarkan cerita yang ditulisnya bersama Maria Bello. Film ini juga dibintangi oleh Sucho Mbedu, Lashana Lynch, Sheila Atim, dan John Boyega.

Maria Bello menyusun ide untuk The Woman King pada tahun 2015 setelah mengunjungi Benin, tempat kerajaan Dahomey dulu berada, dan mempelajari sejarah Agojie. Dia merekrut Cathy Schulman untuk mengembangkannya menjadi film layar lebar, mengajukannya ke beberapa studio, yang menolaknya karena masalah keuangan.

The Woman King

Kemudian mereka bertemu dengan TriStar Pictures pada tahun 2017, film tersebut mendapat lampu hijau untuk produksi. Produksi dimulai di Afrika Selatan pada November 2021, namun kemudian ditutup karena varian Omicron COVID-19 dan dilanjutkan pada awal 2022.

The Woman King melakukan pemutaran perdana dunianya di Festival Film Internasional Toronto pada 9 September 2022, dan Sony Pictures Releasing merilis film tersebut di bioskop-bioskop di Amerika Serikat pada 16 September 2022. Setelah pemutaran festival, film tersebut mendapat ulasan positif, dengan kritikus memuji para pemerannya, terutama Davis, dan koreografi aksinya.

Film bercerita ketika di kerajaan Dahomey di Afrika Barat pada tahun 1823, Jenderal Nanisca, pemimpin kelompok pejuang yang semuanya perempuan, Agojie, membebaskan perempuan Dahomean yang diculik oleh para budak dari Kekaisaran Oyo. Hal ini kemudian memprovokasi Raja Ghezo dari Dahomey untuk mempersiapkan perang habis-habisan dengan Oyo yang semua prajuritnya laki-laki.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia bersama Astra

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini