Share

Kisah Komika Sudit: Mantan Penginjil yang Mantap Jadi Mualaf

Lintang Tribuana, Okezone · Jum'at 30 September 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 33 2678369 kisah-komika-sudit-mantan-penginjil-yang-mantap-jadi-mualaf-L80EUNuQ8F.jpg Komika Sudit mantan penginjil yang mantap jadi mualaf. (Foto: Cameo Project)

JAKARTA - Channel YouTube Cameo Project merilis kisah perjalanan spiritual dan perjuangan Sudit E Sofyanuary sembuh dari kecanduan narkoba dalam segmen ‘Cerita Tentang’, pada 23 September 2022. 

Ketergantungan Sudit pada narkoba bermula dari kekecewaannya pada gereja tempatnya melayani sebagai penginjil. Rasa kecewa itu, menurut dia, membuatnya kecanduan alkohol dalam jangka panjang. 

Komika Sudit. (Foto: YouTube/CameoProject)

BACA JUGA: Simak Obrolan Cameo Project Bahas Konten Idealis di YouTube

Dia kemudian memutuskan untuk berhenti menjadi penginjil dan mulai menjalankan beberapa bisnis kecil-kecilan, seperti warnet, budidaya lele, berjualan secara online. Karena memiliki banyak waktu luang, dia dia kemudian kecanduan alkohol. 

“Kadang suka nongkrong di sana (warnet) mengawasi pengunjung. Dimulai dari 1 botol alkohol sehari, terus intensitasnya semakin lama makin sering. Tadinya cuma untuk mengisi waktu luang, tapi makin lama jadi makin sering,” ujarnya. 

Kecanduan Sudit pada alkohol terjadi selama 5 tahun dan hal itu berefek buruk pada kesehatannya. Dia mengalami kerusakan saraf pada mata yang memaksanya mengurangi intensitas menenggak alkohol.

BACA JUGA: Polisi: Dua Sosok Ini Lihat Lesti Kejora Dicekik hingga Dibanting

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dari pengalaman tersebut, dia mulai percaya dengan eksistensi Tuhan yang sebelumnya sulit dia percaya. Dia mulai mendengarkan video ceramah dan motivasi yang membawanya mengenal agama Islam dan menjadi mualaf. 

“Bukan berarti agama lain lebih jelek dari apa yang gue pilih ya. Tapi gue merasa, Islam lebih cocok sama kerangka berpikir gua sekarang,” tuturnya. 

Komika Sudit. (Foto: YouTube/CameoProject)

Pada akhir video, sang komika menyampaikan bahwa meskipun agama setiap orang berbeda-beda, namun secara esensi, setiap orang sama-sama ingin mempercayai Tuhan-nya sebagai pencipta. 

“Menurut gue, apapun agamanya, esensinya tetap sama. Kita ingin mencari kebahagiaan lewat sesuatu yang kita yakini dan kita sebut itu Tuhan. Mungkin istilah dan caranya beda-beda. Tapi tujuan kita sama, mencari ketenangan hidup,” katanya.

BACA JUGA: Lesti Kejora Dirawat di Rumah Sakit Usai Alami KDRT 


Kisah komika Sudit terkait perjalanan spiritualnya ini bisa disaksikan lewat channel YouTube CameoProject.

Komika Sudit. (Foto: YouTube/CameoProject)

Didirikan Martin Anugrah dan Andry Ganda pada 2008, CameoProject adalah konten kreator YouTube terkemuka di industri. Ia berfokus pada produksi konten video multi-genre, seperti komedi, kids, dan musik.

Channel CameoProject di YouTube telah menghasilkan lebih dari 1,14 juta subscribers dengan lebih dari 177 juta views. Salah satu segmen paling berkesan di channel ini adalah ‘Cerita Tentang’ dimana narasumber menceritakan kisah hidupnya yang inspiratif.*

BACA JUGA: Regi Datau Diduga Pria Inisial R yang Berselingkuh dengan Denise Chariesta

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini