Share

Film dan Lagu Bisa Jadi Jaminan Utang, Begini Respons Bimbim Slank

Selvianus, MNC Portal · Selasa 19 Juli 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 33 2632599 film-dan-lagu-bisa-jadi-jaminan-utang-begini-respons-bimbim-slank-4TH7gzcCHx.jpg Slank (Foto: ist)

JAKARTA - Musisi Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim Slank menanggapi peraturan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo terkait film dan lagu yang bisa dijadikan jaminan utang ke bank.

Ditemui di markas Slank, Jalan Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2022), Bimbim tak banyak mengomentari peraturan tersebut. "Mantap, bagus," kata Bimbim Slank.

Slank

Namun, pentolan grup band Slank tersebut mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah pusat dalam mensejahterakan musisi Tanah Air melalui karya originalnya.

"Ide itu adalah kapital. Jadi ide bisa menjadikan nilai, bagus," katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengizinkan produk kekayaan intelektual, seperti film dan lagu, sebagai jaminan utang ke lembaga keuangan bank maupun non bank.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

"Pemerintah memfasilitasi skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual melalui lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank bagi pelaku ekonomi kreatif," demikian bunyi Pasal 4 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Sekadar informasi, Kekayaan Intelektual yang dimaksud adalah kekayaan yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia melalui daya cipta, rasa, dan karsanya yang dapat berupa karya di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.

Kemudian, pelaku ekonomi kreatif bisa mengajukan kredit berbasis kekayaan intelektual tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini