Share

Atiqah Hasiholan Soroti RUU KIA, Apakah Indonesia Siap?

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 33 2620021 atiqah-hasiholan-soroti-ruu-kia-apakah-indonesia-siap-c5Ki0q8fQD.jpg Atiqah Hasiholan (Foto: Instagram)

ARTIS Atiqah Hasiholan diketahui merupakan seorang ibu dari satu anak. Sebagai ibu, istri Rio Dewanto ini rupanya ikut menyoroti Rancangan Undang-undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) yang memberikan cuti melahirkan selama 6 bulan.

Perempuan keturunan Batak dan Arab ini mengaku sangat setuju dengan aturan tersebut. Bukan tanpa alasan, tapi lantaran dirinya memahami bahwa bayi yang baru lahir memang harus selalu berada dekat dengan sang ibu.

"Ya sebenarnya itu sangat dibutuhkan oleh seorang ibu dan anak yah, karena anak yang baru lahir memang sangat membutuhkan sosok ibu di dekatnya," ungkap Atiqah Hasiholan saat ditemui di CGV Grand Indonesia, Selasa (28/6/2022).

Aturan cuti melahirkan selama 6 bulan ini sebetulnya sudah diterapkan di negara-negara maju dan tentunya ia sengat menyambut baik aturan tersebut. Namun, putri dari Ratna Sarumpaet ini menanyakan apakah Indonesia sudah siap dengan segala sistemnya, jangan sampai aturan tersebut malah merugikan perempuan.

Atiqah Hasiholan

"Jadi itu hal yang sangat baik sekali dan negara-negara maju sudah diterapkan. Tapi apakah Indonesia sudah siap dengan hal itu?," tanya Atiqah Hasiholan melanjutkan.

"Jangankan sampai juga secara aturan dan sistem belum siap, akhirnya para ibu-ibu perempuan ini malah jadi dirugikan gitu," tambahnya.

Selain itu, perempuan 40 tahun ini menganggap aturan tersebut bisa membuat diskriminatif antara perempuan dan laki-laki.

Sebagai informasi, saat ini aturan cuti melahirkan diatur dalam UU No 13 Tahun 2013, di mana cuti diberikan selama 3 bulan dan pembayaran gaji secara penuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini