Share

Faktor Keturunan, Penyebab Kiki Fatmala Idap Kanker Paru-Paru

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 33 2585941 faktor-keturunan-penyebab-kiki-fatmala-idap-kanker-paru-paru-a3ho9PSpkF.jfif Kiki Fatmala (Foto: IG Kiki Fatmala)

JAKARTA - Artis Kiki Fatmala mengucap syukur karena telah berhasil bertahan dan berjuang melawan kanker paru-paru stadium 4 yang dideritanya.

Untuk bisa sembuh dari kanker, Kiki menjalani pengobatan di Singapura, sedangkan untuk kemoterapi bintang film Si Manis Jembatan Ancol itu memilih kemoterapi di rumah sebanyak 6 kali.


Kiki Fatmala

Setelah melakukan kemo, Kiki pun kembali ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan. Beruntung dokter mengatakan jika kanker nya sudah tidak ganas lagi dan kemo pun diberhentikan.

"Sampai di Singapura aku di cek PET Scan dan MRI. Bersyukur ternyata semua baik-baik saja, kankernya nggak menjalar ke otak. Ternyata kanker aku sudah tidur dan nggak ganas lagi," ujar Kiki Fatmala, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu, 27 April 2022.

Meski kankernya sudah dinyatakan tidak ganas, namu Kiki Fatmala masih harus tetap kontrol ke dokter selama 1 tahun ke depan.

"Tapi bukan berarti kanker sembuh ya, maintenance aja dengan Imunologi selama 1 tahun kedepan, harus dicek per 3 bulan PET Scan dan cek darah. Jadi bener-bener harus dipantau terus," lanjut Kiki Fatmala.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Rupanya penyebab dirinya mengidap kanker, bukan karena pola hidup yang kurang sehat. Melainkan adanya faktor keturunan.

Ia pun baru mengetahui jika ada beberapa anggota keluarganya yang pernah mengidap kanker.

"Aku tuh faktor keturunan kankernya, jadi aku baru tahu setelah mengidap kanker. Ternyata keluarga aku banyak yang kena kanker juga. Tapi mereka nggak pernah ngomong dari dulu, kalau ngomong kan aku bisa ngecek dari dulu," jelas Kiki Fatmala.

Agar kejadian yang ia alami, tidak terulang kembali, perempuan 52 tahun itu mengingatkan bahwa tak perlu malu mengaku jika memang mengidap kanker.

"Buat sebagian orang, orang mengaku kanker itu malu, kayak sebuah aib. Jangan malu, karena itu bukan hal yang memalukan kok. Biar saudara-saudara yang lain bisa cek juga," tandas Kiki Fatmala.

Sebagai informasi, Kiki Fatmala didiagnosa kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini