Share

Dewa 19 Gonta-ganti Vokalis, Ahmad Dhani: Saya dan Andra Playmaker-nya

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 205 2582387 dewa-19-gonta-ganti-vokalis-ahmad-dhani-saya-dan-andra-playmaker-nya-IqtUh6wbt9.jpg Ahmad Dhani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dewa 19 merupakan salah satu band populer di Tanah Air yang sudah berdiri selama 30 tahun. Pasang surut sudah dilalui band asal Surabaya, Jawa Timur ini selama berkarier di industri musik.

Bongkar pasang personel pun kerap dirasakan Dewa 19 sejak 1998. Saat itu, Dewa 19 pertama kali harus mengganti vokalisnya dari Ari Lasso menjadi Once Mekel.

Dewa 19

Band ini terus berjaya dengan lagu-lagu hits nya, tetapi personelnya makin terkikis. Saat ini Dewa 19 dijalani oleh 4 orang personel inti yang dua diantaranya adalah anggota lama, yaitu Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan.

Ahmad Dhani mengaku, sekarang hanya dia dan Andra Ramadhan lah yang jadi playmaker di Dewa 19. Dua sahabat ini adalah personel terlama sejak Dewa 19 dibentuk.

"Menurut saya 30 tahun (usia lagu Kangen) ini wajib dirayakan karena tidak mudah. Khususnya saya sama Andra yang udah bener-bener 30 tahun," ujar Ahmad Dhani, di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

"Andra sama saya playmakernya di Dewa 19," sambung Ahmad Dhani.

Suami Mulan Jameela itu mulai mengenang para personel Dewa 19 yang lainnya. Salah satunya Yuke Sampurna yang menempati posisi basis dan turut membesarkan nama bandnya selama 20 tahun.

"Kalau sama Yuke udah 20 tahun ya. Gila lama juga ya Yuk," tutur Ahmad Dhani pada Yuke.

Kemudian Dhani mengenang juga bergabungnya Agung Yudha Asmara sebagai drummer. Dia menyebut bahwa Agung adalah drummer terlama di Dewa 19, setelah 3 kali pergantian posisi.

"Agung sudah menjadi drummer sejak 2007, 15 tahun berarti," lanjutnya.

Kini Dewa 19 dapat dikatakan lintas generasi. Band ini mengajak Ello dan Virzha, yang notabene memiliki usia jauh lebih muda dari personel inti, sebagai vokalis.

Dhani menegaskan bahwa hadirnya Ello dan Virzha juga bertujuan menarik remaja untuk ikut menikmati musik mereka. Ini jadi salah satu upaya Dewa 19 mempertahankan eksistensi.

"Seiring berjalannya waktu, tahun 2021 sama (merekrut) Virzha. Lalu ada Ello. Kalau tanya perekrutan ya Dewa 19 memang sedang membutuhkan vokal-vokal," tutur Ahmad Dhani.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini