Share

Dicecar Majelis Hakim dalam Sidang, Olivia Nathania Menangis

Ravie Wardani, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 33 2559627 dicecar-majelis-hakim-dalam-sidang-olivia-nathania-menangis-RUMTSCMMoV.jpg Olivia Nathania (Foto: Okezone/Ravie Wardani)

OLIVIA Nathania menangis dalam sidang kasus CPNS bodong yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (10/3/2022). Tangisan wanita yang akrab disapa Oi tersebut ecah, usai dirinya memberikan keterangan sebagai terdakwa dalam sidang yang digelar secara virtual tersebut

Sebelumnya sidang lanjutan kasus CPNS bodong seharusnya digelar dengan agenda keterangan saksi dari pihak terdakwa. Akan tetapi, lantaran para saksi berhalangan hadir, sidang terpaksa dilanjutkan dengan agenda selanjutnya, yakni keterangan dari Oi, selaku terdakwa.

Saat dicecar dengan berbagai pertanyaan yang diajukan berdasarkan BAP oleh Majelis Hakim, Oi terlihat menangis. Terlebih saat Hakim menyebut jika keterangan yang dilontarkan Oi bertentangan dengan hasil BAP.

"Awalnya, kan Ibu Agustin guru kamu. Setelah terpisah, yang pertama kali hubungi?," tanya Abu Hanifah selaku hakim ketua PN Jaksel, Kamis (10/3/2022).

"Awalnya saya untuk bantu beliau, bukan anak beliau ke CPNS," jawab Oi selaku terdakwa.

"Keterangan awal itu bertentangan," tegas Abu Hanifah.

Sidang Olivia Nathania

Putri Nia Daniaty itu pun kembali memberikan keterangannya. Dia membantah tudingan yang menyebut Oi mengajak mantan guru SMA-nya itu untuk mendaftarkan anaknya mengikuti tes CPNS.

"Saya menghubungi, tapi bukan CPNS. Di hari pertama bertemu, dia cerita nangis-nangis sedang ada masalah. Bukan saya yang tawarkan (daftar CPNS-red)," jelas Oi.

Selain melayangkan berbagai bantahan, istri Rafly N Tilaar itu juga mengaku kerap lupa terkait rentetan kronologi kasus tersebut. Hal itu membuat majelis hakim meminta agar Oi dapat memberikan keterangan dengan jujur.

"Lupa itu manusiawi hanya saja jangan menutupi fakta, Olivia tolong jujur ya," kata hakim ketua.

Seketika tangis Oi pecah. Hal itu terlihat dari layar panggilan video Oi di Rutan (Rumah Tahanan) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Di akhir persidangan, Oi sempat mengutarakan penyesalannya. Dia juga tampak mengambil tisu untuk menghapus air matanya.

"Saya menyesal," ujar Oi sambil mengusap air mata.

Diberitakan sebelumnya, kasus tersebut bermula dari laporan yang dibuat pria bernama Karnu selaku terduga korban.

Karnu melaporkan Oi dan suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar ke Polda Metro Jaya pada 23 September 2021.  

Laporan itu teregister dalam nomor LP/B/4728/IX/SPKT/Polda Metro Jaya. Atas kasusnya, Olivia Nathania disangkakan dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 dan atau Pasal 263 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Penggelapan, Penipuan, serta Pemalsuan Surat.  

Sementara, korban dari kasus tersebut disinyalir mencapai 225 orang dengan total kerugian Rp9,7 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini