Share

Mengulik Asal-usul Nama Dorce Gamalama

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 33 2548183 mengulik-asal-usul-nama-dorce-gamalama-1xHhlDp07e.jpg Dorce Gamalama. (Foto: YouTube/CURHAT BANG Densu)

JAKARTA - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia di usia 58 tahun, pada 16 Februari 2022. Dia mengembuskan napas terakhirnya di RSPP Simprug, Jakarta Selatan, setelah 3 minggu dirawat.

Dorce, dikenal sebagai artis multitalenta. Tak hanya dikenal sebagai pembawa acara, dia juga dikenal sebagai aktris dan penyanyi langganan acara negara dan berbagai acara besar para pejabat. Di awal kariernya, dia beberapa kali mengganti nama panggung.

Sebelum akhirnya memakai nama panggung Dorce Gamalama, dia pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Elkafeer, Dorce Manice, hingga Dorce Urang Aring. Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi itu mengaku, nama 'Dorce' diberikan oleh Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Nama itu diberikan Myrna lantaran saat itu, Dorce lebih sering memosisikan dirinya sebagai perempuan. Sedangkan nama 'Gamalama' diambil dari nama gunung yang terletak di Ternate, Nusa Tenggara Timur. Nama itu tercetus ketika dia menyambangi kawasan itu bersama mendiang Benyamin Sueb.

Ketika itu, Dorce mengaku terpesona dengan keindahan Gunung Gamalama yang berada di ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Dalam bahasa setempat, Gamalama berasal dari kata Kie Gam Lamo yang berarti 'Negeri yang Besar'.

Dorce Gamalama. (Foto: Infografis Okezone)

Karena itu, Gunung Gamalama bukan hanya sekadar gunung, namun sekaligus menjadi simbol kebesaran bangsa yang mendiami Ternate. Lantaran menyukai pemandangan Gunung Gamalama inilah, Dorce pun memutuskan untuk menyematkan nama Gamalama pada nama panggungnya hingga kini.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini