Share

Balpil, Animasi Indonesia Pertama yang Hadirkan NFT

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 206 2541389 balpil-animasi-indonesia-pertama-yang-hadirkan-nft-xMCPueLh4N.jpeg Animasi Balpil (Foto: Ist)

JAKARTA - Animasi Balpil erat dengan isu nasionalisme. Animasi ini menceritakan tentang robot AI dari masa depan, yang ditugaskan mendampingi anak anak sekawan Bhinnekaz, untuk mencegah Perang Dunia ke-3 yang berpotensi meluluhlantakkan bumi dan umat manusia.

Masing masing dari sekawan Bhinnekaz merepresentasikan satu dari empat sisi keseimbangan = fisik + intelektual + sosial + spiritual, atau #fisos di metaverse balpil. Salah satu hewan yang menjadi icon di animasi tersebut bernama Momod, berdasarkan Komodo Indonesia.

Animasi Balpil

“Ide dan cerita Balpil dan anak anak Bhinneka sudah dimulai sejak tahun 2011. Gambar Momod pertama kali saya coret coret dan daftarkan ke Dirjen HAKI di tahun 2012. Semoga coret-coretan original ini, akan menjadi collectible-item dan NFT nya memiliki nilai yang meningkat terus,” kata Holip Soekawan, Project Director animasi Balpil.

Episode Balpil telah memasuki 4 episode. Chapter terbarunya menjadi yang paling panjang. Hal itu karena chapter ini menghadirkan sesuatu yang berbeda.

“Chapter ke 4 cerita Balpil, yang release tanggal 1 Februari 2022, adalah episode yang terpanjang sejauh ini. Salah satu karakter utama kami akan memperkenalkan koleksi NFT nya, yang juga bisa di akses di opensea, marketplace yang sama dengan koleksi Ghozali Everyday,” kata Chetan Samtani, Executive Producer animasi Balpil.

Pada Jumat, 28 Januari 2021, animasi Balpil me-release Trailer untuk Episode 4 mereka. Sejak trailer tersebut dirilis, warganet antusias menyambutnya.

Hal itu juga terlihat saat animasi ini merilis episodenya. Beberapa komentar sudah antusias dan memuji animasi buatan anak bangsa ini.

Delon Tio sebagai salah satu Executive Producer animasi Balpil, berharap dapat dukungan dari masyarakat. Hal ini karena animasi tersebut bukan hanya sekedar tontonan yang menghibur tapi juga memberi nilai edukasi.

“Harapan kami masyarakat Indonesia mau mendukung NFT hasil kreasi negeri sendiri. Kami butuh dukungan kalian semua. Cerita Balpil yang mengusung tema keseimbangan dan kebhinekaan, semoga bisa menjadi kreasi dalam negeri yang membawa nilai positif dengan kemasan yang fun and futuristic," ujarnya.

Balpil juga jadi animasi Indonesia pertama yang menyediakan NFT, bersamaan dengan launching Episode terbaru nya. Harga NFT dibuat terjangkau agar bisa mencapai seluruh penggemarnya.

Animasi Balpil adalah salah satu program yang lolos kurasi menjadi Finalis, di ajang Apresiasi Kreasi Indonesia, sebuah program Kemenparekraf RI, di bulan Oktober tahun lalu.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini