Share

Film Penyalin Cahaya Masuk Daftar Top 10 di 26 Negara

Andaru Danurdana, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 206 2538377 film-penyalin-cahaya-masuk-daftar-top-10-di-26-negara-plu9EQIwNF.jpg Film Penyalin Cahaya (Foto: Ist)

JAKARTA – Di bulan Januari ini, pecinta sinema dalam negeri akhirnya kedatangan film Penyalin Cahaya, penyabet gelar Film Terbaik di Festival Film Indonesia akhir tahun lalu. Sebagai bukti kehebatannya, film ini juga berhasil masuki daftar Top 10 layanan streaming Netflix di 26 negara.

Merupakan film panjang perdana dari sutradara Wregas Bhanuteja, Penyalin Cahaya berkisah tentang Suryani; seorang mahasiswi Ilmu Komputer yang menjadi desainer web di klub teater kampusnya. Merasa nyaman menemukan keluarga baru, sayangnya nasib Sur berubah drastis ketika foto selfie-nya disebar oleh pihak tak bertanggung jawab.

Penyalin Cahaya

Berusaha mencari jawaban, Sur akhirnya bertekad untuk meretas dan membobol data para anggota teater. Dengan bantuan Amin, teman masa kecilnya yang kini bekerja menjadi tukang fotokopi kampus, Sur malah menemukan sebuah kejutan pahit yang bisa menjatuhkan nama universitas.

Dengan tema kekerasan seksual yang cukup berat, film Penyalin Cahaya berhasil meraih 12 Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia yang digelar 10 November 2021 lalu. Berhasil meraih titel Film Terbaik, rupanya ‘kemenangan’ Wregas Bhanuteja tak berhenti sampai situ saja.

Tak hanya diapresiasi di dalam negeri, film Penyalin Cahaya juga sukses ditonton oleh jutaan orang di luar Indonesia; terutama di negara Asia dan Amerika Latin. Dirilis secara eksklusif di Netflix, film ini dikabarkan berhasil masuki daftar Top 10 di 26 negara.

Mengutip siaran pers dari Netflix, Penyalin Cahaya berhasil mendapat penonton terbanyak di Indonesia, Brazil, Peru, Venezuela, dan Malaysia pada pekan pertamanya. Selain itu, film ini juga tembus daftar Top 10 milik Netflix di Singapura, Filipina, Sri Lanka, Vietnam, Taiwan, hingga Colombia, Guatemala, dan Jamaica.

Pertama rilis secara global di tanggal 13 Januari kemarin, film yang dibintangi Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Jerome Kurnia, Lutesha, Giulio Parengkuan, dan Dea Panendra ini sudah tersedia dan bisa disaksikan melalui layanan streaming Netflix.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini