Share

Viral Guru Agama Cabuli Santri di Bandung, Ade Fitrie Kirana Minta Pelaku Dikebiri

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 33 2515593 viral-guru-agama-cabuli-santri-di-bandung-ade-fitrie-kirana-minta-pelaku-dikebiri-Sn0uFiOUXr.jpg Ade Fitrie Kirana. (Foto: Instagram)

ADE Fitrie Kirana ikut menanggapi kasus guru agama berinisial HW mencabuli santri di salah satu pesantren di Kota Bandung, Jawa Barat. Ia minta sang guru agama dikebiri sesuai dengan hukum yang berlaku.

Ade menuturkan, Indonesia memiliki payung hukum yakni Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tindakan Kebiri Kimia. Aturan ini memberikan kewenangan kepada negara untuk dapat menjatuhkan hukuman kebiri bagi pelaku persetubuhan terhadap anak, yang mana tindakan ini dilakukan setelah mendapat keputusan hukum tetap.

Baca Juga:

Ade Fitrie Kirana: Kita Bersatu Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Ade Fitrie Kirana Punya Mimpi Tangani Bidang Sosial

"Sebagai perempuan yang melihat dampak kejahatannya, pelaku perlu dihukum berat, kebiri kalau perlu," kata Ade Fitrie Kirana kepada wartawan, baru-baru ini.

Bintang sinetron Raden Kian Santang juga meyakini bahwa korban pencabulan itu akan mengalami trauma seumur hidup. Karena itu, negara juga harius hadir melindungi korban.

"Anak adalah harapan, masa depan Indonesia berada ditangan anak-anak. Hak anak secara jelas telah dilindungi negara melalui Undang-Undang nomer 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang nomer 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," ujar artis yang juga Ketua Umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA) ini.

Agar kejadian yang sama tak terulang, Ade Fitrie Kirana menghimbau masyarakat lebih peduli dan terhadap lingkungan sekitarnya. "Jangan beri ruang bagi predator seksual. Anak yang menjadi korban, menanggung beban fisik dan psikis seumur hidupnya," ujarnya memungkasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini