Ikke Nurjanah: Karya Visual Hal Penting dalam Bermusik

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 205 2490423 ikke-nurjanah-karya-visual-hal-penting-dalam-bermusik-NBRCIOoych.jpg Ikke Nurjanah (Foto: IG Ikke Nurjanah)

JAKARTA - Ikke Nurjanah telah malang melintang di industri musik. Di era saat ini, musisi tak cuma dituntut untuk pandai membuat lagu, tetapi juga mempersiapkan materi promosi dalam bentuk karya visual.

Selain video klip dan video lirik, banyak konten visual yang bisa dimanfaatkan musisi sebagai media promosi lagu yang ingin disampaikan. Bukan sekadar materi promosi biasa, karya visual bisa menjadi penambah pengalaman pendengar untuk menerima makna yang terkandung dalam lagu yang didengar.

Baca Juga:

4 Potret Cantik Putri Ikke Nurjanah yang Lulus dengan IPK Tertinggi di FH UI

Raih IPK Tertinggi di FH UI, Ikke Nurjanah dan Aldi Bragi Kompak Dampingi Sang Putri Wisuda

Peran Diskusi Peran Penting Karya Visual Bagi Karya Musik yang Berdaya Jual


"Karya visual penting banget, satu yang utama adalah dari pengalaman pribadi. Ternyata makin ke sini makin detail dan canggih , tak boleh lelah untuk mendapatkan produk visual yang menarik, konsep menjadi modal awal," ujar Ikke Nurjanah dalam #DIKSI Maraton! (Diskusi Industri Musik dan Musisi secara maraton) “Peran Penting Karya Visual Bagi Karya Musik yang Berdaya Jual” yang dipersembahkan Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam diskusi kali ini diisi oleh narasumber yang berkompeten dalam bidang karya visual seperti Daivalana CEO Visual & Multimedia Studio "MejaBundar Studio", Dennis Tumiwa dari HIVI Management dan musisi Putri Siahaan sebagai moderator.

Ketika membuat karya visual untuk musisi, brainstorming harus dilakukan. Karya visual harus bisa menjadi boosting, agar makna dari lagu yang dihadirkan mudah masuk ke dalam jiwa pendengar.

“Sekarang musisi, atau band arahnya ke genre apa, karya visual dibuat ke arah yang sesuai dengan karakter musisi dan lagunya. Sekarang saatnya musisi dan orang visual menyamakan ide agar bisa mem-boosting pesan lagu. Yang saya rasakan ketika bekerja sama dengan musisi, banyak karakter. Ada yang ingin simple ada yang grafis ditonjolkan jadi tergantung musisi ingin membranding imejnya,” ujar Daivalana.

Dennis Tumiwa yang berada di HIVI Management menjelaskan karya visual menjadi penyempurna lagu yang dibuat musisi. Platform media sosial yang makin ramai, menjadi sarana penting untuk promosi.

“Menurut aku, karya musik tanpa visual kurang sempurna. Dengan karya visual video klip, yang dimanjakan tak hanya kuping, tetapi juga mata. Apa lagi lagu dan visual cocok. Sekarang edit karya visual bisa mudah dengan menggunakan HP untuk newbie. Di luar video klip video lirik, sekarang, buat konten youtube banyak bisa dibuat. Sosmed, seperti Tiktok, yang penting visual dan makna lagu bisa berjalan selaras,” jelasnya.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini