Ingin Novel Dilirik, Ini Pesan Dewi 'Dee' Lestari

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 33 2467582 ingin-novel-dilirik-ini-pesan-dewi-dee-lestari-LlDjruUkon.jpg Dewi Lestari (Foto: IG Dewi Lestari)

JAKARTA - Dewi 'Dee' Lestari menjadi salah satu penulis novel berbakat yang dimiliki Indonesia. Personel Dita Sita Dewi setidaknya telah menghasilkan novel fenomenal seperti Supernova series, Perahu Kertas, Aroma Karsa hingga trilogi Rapijali.

Atas kiprah tersebut, wanita yang akrab disapa Ibu Peri itu ditunjuk menjadi juri dalam kompetisi Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021. Sebagai juri, Dewi Lestari memberikan pesan kepada penulis baru agar karyanya dilirik penerbit atau menang kompetisi.

Baca Juga:

Hanya 4 Hari, Dewi Lestari Ciptakan Lagu

Dibuatkan Konser Khusus oleh Erwin Gutawa, Dewi Lestari Merasa Bangga   

Dewi Lestari


"Jadi buat para peserta di luar sana mohon perhatikan betul bagaimana kamu memulai cerita. Buat semenarik mungkin. Tidak harus konflik besar tapi sesuatu yang memancing orang untuk ingin tahu. Jangan bertele-tele,” ujar Dewi Lestari dalam jumpa pers Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021.

Penulis baru harus bisa memberikan part terbaik dari tulisannya di halaman-halaman awal. Dengan demikian, part terbaik tersebut bisa menarik perhatian pembaca.

“Artinya, dalam satu dua tiga halaman, penulis harus memperhatikan sinar terbaiknya dari pemilihan kata hingga permainan diksi. Kita enggak punya waktu untuk pola: Oh nanti, bagian menarik ada di halaman 20," sambungnya.

Kompetisi menulis yang akan diselenggarakan pada 4 September s.d. 4 Desember 2021. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya terdiri dari dua kategori, yakni Novel dan Webtoon, pada event kali ini Kwikku menambahkan satu kategori lagi untuk meramaikan kompetisi, yakni Design Cover.

Hadiah senilai total 500 juta rupiah juga akan kembali diberikan bagi para pemenang dari kompetisi yang diselenggarakan pada tahun ini, selain itu naskah para pemenang (juara 1, 2, dan 3) juga berkesempatan untuk dialihwahanakan menjadi film.

Kwikku menggandeng 10 profesional di bidangnya yang akan menjadi juri untuk mencari karya terbaik dari karya-karya yang telah berhasil lolos untuk dilakukan penilaian. Untuk kategori novel ada Dee Lestari, A. Fuadi, Agustinus Wibowo, Rintik Sedu, dan Erisca Febriani. Sedangkan, untuk kategori webtoon akan ada Sweta Kartika, Chris Lie, Olvyanda, Krisanti, dan Faza Meonk.

“Kami percaya di tengah keterbatasan ruang gerak karena pandemi yang tengah terjadi, hal ini tetap tidak menyurutkan semangat kita semua untuk melahirkan karya yang sarat dengan kualitas,” ujar Hamdi Musaad selaku CEO Kwikku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini